Tautan-tautan Akses

Thailand Deteksi Kasus Mpox Pada Pelancong dari Afrika


ILUSTRASI - Tabung reaksi berlabel "Virus Mpox positif", 20 Agustus 2024. (Dado Ruvic/REUTERS)
ILUSTRASI - Tabung reaksi berlabel "Virus Mpox positif", 20 Agustus 2024. (Dado Ruvic/REUTERS)

Thailand telah mendeteksi kasus mpox pada seorang pria Eropa yang tiba dari Afrika pekan lalu dan sedang menunggu hasil tes untuk menentukan varian virusnya, kata seorang pejabat pengendalian penyakit, Rabu (21/8).

Pihak berwenang Thailand memperlakukan kasus ini seolah-olah itu adalah mpox varian Clade 1, karena orang tersebut, seorang pria Eropa berusia 66 tahun yang tinggal di Thailand, tiba pada 14 Agustus dari negara Afrika yang merupakan wilayah penyebarannya, kata Thongchai Keeratihattayakorn, direktur jenderal Departemen Pengendalian Penyakit, kepada Reuters.

“Setelah dia tiba dari penerbangan, hanya ada sedikit waktu bagi dia untuk melakukan kontak dengan orang lain,” kata Thongchai. “Dia tiba sekitar jam 6 sore dan keesokan harinya, 15 Agustus, dia pergi menemui dokter di rumah sakit.”

Thongchai mengatakan pria tersebut telah menjalani tes untuk menentukan apakah kasus tersebut merupakan varian Clade 1, dan hasilnya diperkirakan keluar pada hari Jumat. Pihak berwenang juga memantau 43 orang di negara tersebut yang mungkin melakukan kontak dengan pasien tersebut, katanya.

Direktur jenderal itu tidak menyebutkan negara Afrika mana yang dikunjungi pria Eropa tersebut. Dia mengatakan pria tersebut transit di sebuah negara di Timur Tengah, yang juga tidak disebutkan namanya, sebelum terbang ke Thailand.

Thailand telah mendeteksi 800 kasus mpox Clade 2 sejak tahun 2022, namun sejauh ini belum terdeteksi adanya kasus varian Clade 1 atau Clade 1b. [ab/ns]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG