Tautan-tautan Akses

Aktivis Iklim Berencana Ganggu Penerbangan di Bandara Heathrow London


Activis Linda Davidsen berpose dengan pesawat tanpa awak atau drone dekat Bandara Heathrow di London, 12 September 2019.
Activis Linda Davidsen berpose dengan pesawat tanpa awak atau drone dekat Bandara Heathrow di London, 12 September 2019.

Para aktivis perubahan iklim berencana untuk mengacaukan penerbangan, Jumat (13/9), di bandara Heathrow Inggris dengan menerbangkan pesawat tanpa awak ke pusat perjalanan tersibuk di Eropa itu.

Polisi Inggris pada Kamis (12/9) menangkap lima anggota kelompok lingkungan Heathrow Pause untuk menggagalkan demonstrasi itu.

Tetapi kelompok itu mengatakan sekurangnya 70 pilot pesawat tak berawak siap dan "aksi itu akan berjalan sesuai rencana, dilakukan secara damai dan tanpa kekerasan, apapun kejadian-kejadian hari ini- kami memiliki langkah-langkah darurat."

Undang-undang Inggris yang diberlakukan tahun lalu melarang drone terbang dalam jarak 5 kilometer dari bandara mana pun. UU itu merupakan hasil dari demonstrasi drone pada Desember 2018 dan Januari 2019 yang membatalkan penerbangan atau mengalihkan lebih dari 1.000 penerbangan di bandara Heathrow dan Gatwick London, dan mempengaruhi puluhan ribu penumpang.

Pejabat bandara menyebut demonstrasi pesawat tak berawak itu "sembrono," dan menyebutnya "bisa membahayakan kehidupan masyarakat yang bepergian dan rekan kita." [my/ft]

XS
SM
MD
LG