Tautan-tautan Akses

Ancaman Polusi Udara Menerpa Kampung Atlet Olimpiade Paris


Kondisi kampung atlet Olimpiade Paris yang terletak di Saint-Denis, di pinggiran Kota Paris, dalam foto yang diambil pada 2 Juli 2024. (Foto: AFP/Emmanuel Dunand)
Kondisi kampung atlet Olimpiade Paris yang terletak di Saint-Denis, di pinggiran Kota Paris, dalam foto yang diambil pada 2 Juli 2024. (Foto: AFP/Emmanuel Dunand)

Sebuah lembaga Prancis pada Selasa (16/7) memperingatkan tentang polusi udara yang mendera wilayah kampung atlet untuk Olimpiade Paris, yang dijadwalkan menyambut ribuan atlet yang datang dalam kloter awal pada akhir minggu ini.

Respire, yang menerbitkan sebuah laporan terkait masalah kualitas udara di sekitar venue olahraga di Paris, mengatakan temuan mereka menunjukkan bahwa "hampir semua" lokasi yang didera polusi berada di dekat jalanan utama Kota Paris.

Kampung Atlet yang terletak di Saint-Ouen, di pinggiran utara Paris, terletak di samping jalan tol delapan jalur, yang terlihat jelas dari sejumlah apartemen.

"Peningkatan level polusi dapat mencegah atlet menampilkan level performa terbaik mereka dan menyebabkan serangan asma, bahkan sakit kepala," ungkap laporan tersebut.

"Mayoritas" 112 venue olahraga yang diteliti di Paris dan di pinggiran kota itu memiliki level polusi udara di atas level maksimal yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), demikian menurut laporan tersebut yang menggunakan data dari layanan pengamatan udara Airparif.

Lima penyaring udara eksperimental yang menyerupai menara seperti UFO telah dipasang di area kampung atlet. Kelima penyaring tersebut akan menghisap udara dan menyaring partikel-partikel berbahaya.

Kampung atlet Paris yang terdiri dari beberapa gedung dengan 40 tingkat akan menyambut 10.000 atlet pada Kamis (18/7) menjelang dimulainya Olimpiade pada 26 Juli mendatang. [rs]

Forum

XS
SM
MD
LG