Tautan-tautan Akses

Paris 'Yakin' Sungai Seine Siap Digunakan untuk Olimpiade


Sejumlah atlet triathlon terjun ke Sungai Seine dengan Menara Eiffel sebagai latar belakang dalam acara Tes Olimpiade Triathlon Dunia 2023 putra di Paris, 18 Agustus 2023. (Foto: AFP)
Sejumlah atlet triathlon terjun ke Sungai Seine dengan Menara Eiffel sebagai latar belakang dalam acara Tes Olimpiade Triathlon Dunia 2023 putra di Paris, 18 Agustus 2023. (Foto: AFP)

Para pejabat Paris mengatakan mereka yakin bahwa Sungai Seine akan aman digunakan untuk para atlet yang berlaga di nomor triathlon dan renang perairan terbuka pada Olimpiade mendatang.

Ibu kota Prancis tersebut telah berupaya untuk membersihkan Sungai Seine, yang menjadi salah satu suduk ikonik di kota tersebut. Beberapa minggu lalu, hasil penelitian menunjukkan konsentrasi bakteri E. coli di dalam air sungai mencapai di atas level yang aman digunakan untuk mandi.

Lebih dari satu abad yang lalu, atlet dapat berkompetisi di Sungai Seine pada gelaran Olimpiade 1900.

Wakil Wali Kota Paris Antonie Guillou mengatakan kepada Reuters pada Senin (15/7) bahwa ia tetap yakin Sungai Seine dapat digunakan.

Kapal tongkang menyusuri Sungai Seine di Paris, Rabu, 5 April 2023. (Foto: AP)
Kapal tongkang menyusuri Sungai Seine di Paris, Rabu, 5 April 2023. (Foto: AP)

"Karena kondisi [cuaca] tampaknya akan lebih baik pada Juli, kami memiliki hasil yang baik dalam beberapa hari setiap minggunya terkait kualitas [air Sungai Seine] untuk berenang. Jadi kami cukup yakin," ujarnya.

"Namun kondisinya tetap menantang karena arus Sungai Seine cukup deras, tiga hingga empat kali lebih besar dibandingkan biasanya pada musim kali ini sehingga hal ini berdampak pada polusi yang tampaknya akan tiba lebih cepat di Paris. Kondisi tersebut membuat polusi sungai hanya mendapatkan sedikit waktu untuk terurai oleh sinar matahari [yang dapat membunuh mikroorganisme]."

Pihak pemerintah Kota Paris mengatakan unit pengelolaan airnya telah melakukan pemeriksaan terhadap kualitas air di sekitar Paris setiap hari.

Sebuah tim yang terdiri dari puluhan pekerja seringkali tampak berada di bibir sungai untuk memeriksa apakah terjadi kebocoran pada saluran pembuangan atau air limbah yang mendekati sungai.

Akhir pekan lalu, menteri olahraga Prancis berenang di Sungai Seine untuk meyakinkan bahwa air di sungai tersebut aman.

Namun, panitia olimpiade mengatakan mereka memiliki rencana darurat untuk menjadwalkan ulang kompetisi jika kondisi Sungai Seine tidak bersih pada hari-H kompetisi.

Jika kondisi sungai masih buruk, pihak panitia mengatakan kompetisi renang maraton akan dipindah ke lokasi yang sudah disiapkan dan format triathlon akan diubah menjadi duathlon. [rs/ah]

Forum

XS
SM
MD
LG