Tautan-tautan Akses

AS: Misi Venezuela untuk Bantuan, Perlindungan WN AS


Kepala Komando Selatan Angkatan Laut AS Craig Faller dalam upacara pergantian komando di Markas Komando Selatan, 26 November 2018.
Kepala Komando Selatan Angkatan Laut AS Craig Faller dalam upacara pergantian komando di Markas Komando Selatan, 26 November 2018.

Kepala Komando Selatan AS telah membenarkan pernyataan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo bahwa ada sel-sel kelompok militan Hezbollah di Venezuela, tapi dia mengatakan militer AS di kawasan itu sedang fokus untuk melindungi warga AS dan meringankan penderitaan manusia.

Diwawancarai VOA pada Jumat (8/2), Laksamana Angkatan Laut Craig Faller mengatakan AS "sedang berupaya untuk memastikan agar warga dan properti AS, serta para diplomat yang berada disana, aman."

Ditanya mengenai kemungkinan pengerahan pasukan ke Kolombia, Faller menyerahkan isu itu kepada Dewan Keamanan Nasional. Dia mengatakan komandonya memusatkan perhatian pada "penderitaan manusia, upaya setiap hari untuk meringankan penderitaan itu."

Pengerahan pasukan ke Kolombia adalah gagasan yang dicetuskan Penasihat Keamanan Nasional John Bolton, yang baru-baru ini terlihat dalam foto membawa sebuah buku catatan bertuliskan "5.000 tentara ke Kolombia".

Keterpurukan ekonomi Venezuela telah menyebabkan supermarket kosong sementara inflasi melonjak tak terkendali. Jutaan warga Venezuela telah meninggalkan negara itu untuk mencari kondisi yang lebih baik di tempat lain. [vm]

XS
SM
MD
LG