Tautan-tautan Akses

AS Siap Ikut Pembicaraan Langsung dengan Taliban


Jenderal John Nicholson, panglima tertinggi pasukan Amerika di Afghanistan.
Jenderal John Nicholson, panglima tertinggi pasukan Amerika di Afghanistan.

Amerika Serikat siap bergabung dalam negosiasi langsung dengan Taliban dalam upaya mengakhiri perang 17 tahun di Afghanistan. Jenderal John Nicholson, panglima tertinggi pasukan Amerika di Afghanistan, mengatakan hal itu hari Senin, di tengah-tengah spekulasi yang berkembang tentang kemungkinan perundingan perdamaian.

Komentar itu disampaikan menyusul meningkatnya upaya diplomatik bagi pembicaraan setelah terlihat Pemandangan yang belum pernah terjadi sebelumnya tentang anggota Taliban tidak bersenjata yang berbaur dengan pasukan keamanan Afghanistan di jalan-jalan Kabul dan kota-kota lain ketika berlangsung gencatan senjata mendadak bulan lalu.

Nicholson, yang memimpin misi Resolute Support pimpinan NATO, mengatakan Amerika Serikat mengakui hal itu memiliki peran kunci dalam upaya damai.

“Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo telah mengatakan bahwa kami, Amerika Serikat, siap untuk berbicara dengan Taliban dan mendiskusikan peran pasukan internasional,” katanya. “Kami berharap mereka menyadari upaya ini, yang diharapkan akan ikut memajukan proses perdamaian.”

Sebelumnya, harian New York Times melaporkan bahwa pemerintahan Presiden Donald Trump telah memerintahkan para diplomat agar mengusahakan pembicaraan langsung dengan Taliban untuk memulai perundingan. [lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG