Tautan-tautan Akses

AS Tangkap Pemimpin Kartel 'El Mayo' Zambada dan Putra 'El Chapo'


Seorang tentara Meksiko berjaga di samping grafiti pengedar narkoba Mayo Zambada (MZ) dan kelompok kriminal "Cartel de Sinaloa" (CDS), di desa Palmas Altas, kotamadya Jerez de Garcia Salinas, negara bagian Zacatecas, Meksiko, 14 Maret 2022. (Foto: Pedro Pardo/AFP)
Seorang tentara Meksiko berjaga di samping grafiti pengedar narkoba Mayo Zambada (MZ) dan kelompok kriminal "Cartel de Sinaloa" (CDS), di desa Palmas Altas, kotamadya Jerez de Garcia Salinas, negara bagian Zacatecas, Meksiko, 14 Maret 2022. (Foto: Pedro Pardo/AFP)

Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) mengatakan Ismael "El Mayo" Zambada, pemimpin lama kartel Sinaloa Meksiko, dan Joaquín Guzmán López, putra pemimpin kartel terkenal lainnya, ditangkap oleh otoritas AS di Texas pada Kamis (25/7).

Sebagai pemimpin kartel Sinaloa yang kuat selama beberapa dekade bersama Joaquín "El Chapo" Guzmán, Zambada adalah salah satu pengedar narkoba paling terkenal di dunia dan dikenal karena menjalankan operasi penyelundupan kartel tersebut tanpa menarik perhatian.

Seorang pejabat federal Meksiko mengatakan kepada The Associated Press bahwa Zambada dan Guzmán López tiba di Amerika Serikat dengan pesawat pribadi dan menyerahkan diri kepada pihak berwenang. Pejabat tersebut berbicara dengan syarat anonim karena ia tidak berwenang membahas masalah tersebut.

Pemerintah AS telah menawarkan hadiah hingga $15 juta untuk informasi yang mengarah pada penangkapan Zambada, yang berhasil menghindari pihak berwenang selama beberapa dekade.

Zambada dan Guzmán López mengawasi perdagangan "puluhan ribu pon narkoba ke Amerika Serikat, bersama dengan kekerasan terkait," kata Direktur Biro Penyelidik Federal AS atau FBI, Christopher Wray, seraya menambahkan bahwa sekarang mereka akan "menghadapi keadilan di Amerika Serikat."

"Fentanyl adalah ancaman narkoba paling mematikan yang pernah dihadapi negara kita, dan Departemen Kehakiman tidak akan tinggal diam sampai setiap pemimpin, anggota, dan rekan kartel yang bertanggung jawab atas keracunan komunitas kita dimintai pertanggungjawaban," kata Jaksa Agung Merrick Garland dalam sebuah pernyataan.

Pihak berwenang Meksiko tidak segera mengomentari penangkapan tersebut.

Ismael 'El Mayo' Zambada, pemimpin bersejarah kartel Sinaloa Meksiko. (Departemen Luar Negeri AS via AP)
Ismael 'El Mayo' Zambada, pemimpin bersejarah kartel Sinaloa Meksiko. (Departemen Luar Negeri AS via AP)

Pejabat AS telah berupaya menangkap Zambada selama bertahun-tahun, dan ia telah didakwa dalam sejumlah kasus di AS. Ia didakwa pada Februari di Distrik Timur New York dengan tuduhan berkonspirasi untuk memproduksi dan mendistribusikan opioid sintetis. Jaksa penuntut mengatakan ia terus memimpin kartel Sinaloa, "salah satu organisasi perdagangan narkoba paling kejam dan kuat di dunia."

Zambada, salah satu capo yang paling lama bertahan hidup di Meksiko, dianggap sebagai ahli strategi kartel, lebih terlibat dalam operasi sehari-hari daripada bosnya yang lebih mencolok dan lebih terkenal, "El Chapo" Guzmán, yang dijatuhi hukuman penjara seumur hidup di AS pada 2019 dan merupakan ayah dari Guzmán López.

Zambada adalah capo jadul pada era para gembong muda yang dikenal karena gaya hidup flamboyan mereka yang suka berpindah-pindah klub dan taktik brutal memenggal kepala, memotong-motong, dan bahkan menguliti saingan mereka. Sementara Zambada telah melawan mereka yang menantangnya, ia dikenal karena berkonsentrasi pada sisi bisnis perdagangan manusia dan menghindari kekerasan kartel yang mengerikan yang akan menarik perhatian.

Dalam wawancara April 2010 dengan majalah Meksiko Proceso, ia mengakui bahwa ia hidup dalam ketakutan terus-menerus akan masuk penjara dan akan mempertimbangkan bunuh diri daripada ditangkap.

"Saya takut dipenjara," kata Zambada. "Saya ingin berpikir bahwa, ya, saya akan bunuh diri.

Wawancara itu mengejutkan bagi seorang gembong yang dikenal tidak suka mencari perhatian, tetapi ia memberikan instruksi ketat tentang di mana dan kapan pertemuan akan dilangsungkan, dan artikel itu tidak memberikan petunjuk tentang keberadaannya.

Zambada konon berhasil mengambil hati penduduk setempat di negara bagian asalnya, Sinaloa, dan negara bagian tetangganya, Durango, melalui kemurahan hatinya, mensponsori petani lokal dan mendistribusikan uang dan bir di tempat kelahirannya, El Alamo.

Meskipun tak banyak yang diketahui tentang kehidupan awal Zambada, ia diyakini memulai kariernya sebagai penegak hukum pada tahun 1970-an. Pada awal tahun 1990-an, ia menjadi pemain utama dalam kartel Juarez, mengangkut berton-ton kokain dan mariyuana.

Joaquín Guzmán López. (Departemen Luar Negeri AS via AP)
Joaquín Guzmán López. (Departemen Luar Negeri AS via AP)

Zambada mulai mendapatkan kepercayaan dari para penyelundup Kolombia, kesetiaan yang membantunya menjadi yang teratas dalam dunia kartel dengan aliansi yang terus berubah. Akhirnya ia menjadi begitu berkuasa hingga ia memisahkan diri dari kartel Juarez, tetapi masih berhasil menjaga hubungan yang kuat dengan geng tersebut dan menghindari perebutan wilayah. Ia juga menjalin kemitraan dengan "El Chapo" Guzman yang membawanya ke puncak Kartel Sinaloa.

Penahanan Zambada menyusul beberapa penangkapan penting tokoh kartel Sinaloa lainnya, termasuk salah satu putranya dan putra lain dari "El Chapo" Guzmán, Ovidio Guzmán López. Putra Zambada mengaku bersalah di pengadilan federal AS di San Diego pada tahun 2021 karena menjadi pemimpin kartel Sinaloa.

Dalam beberapa tahun terakhir, putra-putra Guzman telah memimpin sebuah faksi kartel yang dikenal sebagai Chapos kecil, atau "Chapitos" yang telah diidentifikasi sebagai pengekspor utama fentanil ke pasar AS.

Mereka dianggap lebih kejam dan flamboyan daripada Zambada. Kepala keamanan mereka ditangkap oleh otoritas Meksiko pada November.

Ovidio Guzmán López ditangkap dan diekstradisi ke AS tahun lalu. Ia mengaku tidak bersalah atas tuduhan perdagangan narkoba di Chicago pada September.

Mike Vigil, mantan kepala operasi internasional untuk Badan Narkotika AS (Drug Enforcement Administration/DEA), mengatakan penangkapan Zambada penting, tetapi tidak mungkin berdampak banyak pada aliran narkoba ke AS. Joaquín Guzmán López adalah yang paling tidak berpengaruh dari keempat putra yang membentuk Chapitos, kata Vigil.

"Ini merupakan pukulan telak bagi supremasi hukum, tetapi apakah akan berdampak pada kartel? Saya rasa tidak," kata Vigil.

"Ini tidak akan berdampak pada perdagangan narkoba karena seseorang dari dalam kartel akan menggantikannya," kata Vigil. [es/ft ]

XS
SM
MD
LG