Tautan-tautan Akses

AS Umumkan Kenaikan Biaya Imigrasi dan Petisi Naturalisasi


Rombongan migran berjalan di sepanjang jalan tol di Arriaga, negara bagian Chiapas, di selatan Meksiko, pada 8 Januari 2024. Mereka bergerak ke utara menuju perbatasan AS. (Foto: AP/Edgar H. Clemente)
Rombongan migran berjalan di sepanjang jalan tol di Arriaga, negara bagian Chiapas, di selatan Meksiko, pada 8 Januari 2024. Mereka bergerak ke utara menuju perbatasan AS. (Foto: AP/Edgar H. Clemente)

Badan Kewarganegaraan dan Layanan Imigrasi AS (USCIS) menaikkan biaya imigrasi dan naturalisasi tertentu untuk pertama kalinya sejak tahun 2016. Perubahan tersebut akan berlaku mulai 1 April.

Kenaikan biaya itu berdampak pada petisi berbasis pekerjaan, permohonan imigrasi berbasis keluarga, dan kasus naturalisasi AS. Sesuai undang-undang imigrasi AS, USCIS diharuskan merevisi struktur biayanya setiap dua tahun.

“Setelah membiarkan biaya ini tidak berubah selama tiga tahun setelah disahkannya Undang-Undang [Stabilisasi USCIS], [Departemen Keamanan Dalam Negeri AS, atau DHS] kini menaikkan biaya pemrosesan untuk semua formulir dan kategori yang memenuhi syarat agar mencerminkan tingkat inflasi dari Juni 2021 hingga Juni 2023,” menurut pernyataan USCIS.

Hampir 96% operasi yang dijalankan oleh USCIS, dan lembaga DHS, terutama bergantung pada biaya pengguna layanannya.

Perubahan utamanya adalah pada visa H-1B, sebuah kategori yang memungkinkan 85.000 orang asing berketerampilan tinggi datang ke AS untuk bekerja setidaknya selama tiga tahun. Biaya pendaftarannya akan naik dari $10 menjadi $215 per pendaftaran dan mulai berlaku pada bulan Maret 2025 untuk tahun fiskal 2026 dan tahun-tahun berikutnya. Para pemberi pekerjaan membayar biaya tersebut.

Menurut pihak imigrasi, tujuannya adalah untuk menyelaraskan biaya dengan biaya operasional yang terkait dengan pengelolaan sistem pendaftaran H-1B. Namun sampai batas tahun fiskal 2025 yang sedang berlangsung, biaya pendaftaran tetap sebesar $10.

Biaya permohonan naturalisasi AS, saat ini $640, akan meningkat menjadi $710 jika pengajuan dilakukan secara online. Jika pemohon memilih untuk mengirimkan permohonannya melalui pos, biayanya adalah $760.

Warga negara AS dan pemegang kartu hijau dapat mengajukan permohonan untuk mensponsori anggota keluarga tertentu melalui formulir I-130. Petisi ini sekarang akan dikenai biaya $675 untuk permohonan dengan surat dan $625 untuk permohonan secara online.

Warga negara AS yang ingin membawa tunangan ke AS akan membayar $675, bukan $535 seperti yang berlaku sekarang untuk visa K-1. [lt/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG