Tautan-tautan Akses

Badai Dorian Hantam Bahama, Ancam Kawasan Tenggara Amerika


Badai Dorian saat melintasi Freeport, Grand Bahama, 1 September 2019.
Badai Dorian saat melintasi Freeport, Grand Bahama, 1 September 2019.

Badai Dorian menghantam Pulau Grand Bahama pada hari Senin (2/9) ketika badai raksasa itu seakan hampir terhenti, menumbangkan pepohonan dan merusak ribuan rumah dan mengakibatkan “gelombang badai yang mengancam jiwa” melintasi daerah-daerah dataran rendah pantai.

Para peramal cuaca menyebut badai itu “bencana” dan “menghancurkan.” Mereka meramalkan Dorian akan terus “menggempur” pulau itu sepanjang hari dengan hujan deras, dengah curah 60 sentimeter, dan angin dengan kecepatan 270 kilometer per jam.

Pusat Badai Nasional Amerika mengatakan sebelumnya, badai itu hanya bergerak ke barat dengan kecepatan 2 kilometer per jam, dengan pusatnya saat ini berada sekitar 200 kilometer dari daratan Amerika, di timur negara bagian Florida.

Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah mengatakan penilaian awal oleh pihak berwenang dan pejabatnya menunjukkan kerusakan besar di kepulauan Grand Bahama dan Great Abaco. Sekitar 13.000 rumah mungkin telah rusak parah atau hancur. Gelombang badai mencapai tujuh meter di atas tingkat pasang normal.

Bank internasional UBS memperkirakan badai itu dapat menyebabkan kerugian $25 miliar.

Mereka mengatakan badai itu dapat menurunkan hujan 30 hingga 60 sentimeter di Bahama barat laut, dan 75 sentimeter di daerah-daerah terpencil.

Para pejabat di negara-negara bagian di sepanjang pantai tenggara Amerika telah mengeluarkan peringatan dan memerintahkan warga agar mengevakuasi daerah-daerah yang paling rentan. Perintah evakuasi mulai berlaku Senin di Florida, Georgia, dan South Carolina.

Presiden Amerika Donald Trump membatalkan perjalanan ke Polandia agar tetap bisa berada di dalam negeri untuk memantau badai itu. Dia mengunjungi markas besar Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA) pada hari Minggu, dan mendesak semua orang yang tinggal di jalur yang akan dilewati Badai Dorian agar mengindahkan semua peringatan dan perintah evakuasi dari otoritas lokal.

Para peramal cuaca memperkirakan Dorian akan memengaruhi sebagian besar Pantai Atlantik sepanjang minggu ini, dari Georgia, Carolina, sampai Virginia. Daerah-daerah lain, bahkan sejauh ujung utara New Jersey dapat mengalami hujan deras dan angin kencang hingga Jumat. [lt/ab]

XS
SM
MD
LG