Tautan-tautan Akses

Badai Ernesto Diperkirakan Menjadi Angin Topan setelah Melewati Puerto Rico, Virgin Islands


Turis duduk di pantai La Pared saat Badai Tropis Ernesto melewati Luquillo, Puerto Riko, Selasa, 13 Agustus 2024. (Alejandro Granadillo/AP)
Turis duduk di pantai La Pared saat Badai Tropis Ernesto melewati Luquillo, Puerto Riko, Selasa, 13 Agustus 2024. (Alejandro Granadillo/AP)

Badai Tropis Ernesto diperkirakan akan menguat menjadi angin topan, Rabu (14/8) saat badai ini bergerak ke utara menuju Atlantik dan membawa hujan yang lebih deras ke wilayah Virgin Islands dan Puerto Rico, memutus aliran listrik ke ribuan rumah dan area komersial.

Ernesto berada sekitar 200 kilometer barat laut dari ibu kota Puerto Rico, San Juan, ketika badai itu merangkak ke barat laut, membawa angin dengan kecepatan sekitar 110 km per jam, kata Pusat Badai Nasional dalam sebuah peringatan pada hari Rabu pagi.

Ernesto, badai Atlantik kelima yang dinamai pada musim ini, kemungkinan akan menguat menjadi angin puting beliung pada hari Rabu saat berbelok ke utara Puerto Rico dan menjadi “badai besar dalam beberapa hari,” kata pusat tersebut. Badai ini akan mendekati wilayah pulau Bermuda di Inggris, sekitar 1.093 kilometer di sebelah timur North Carolina, Sabtu (17/8).

Badai dianggap sebagai angin topan ketika angin yang berkelanjutan mencapai 119 kph. Badai besar, Kategori 3 atau lebih tinggi, memiliki kecepatan angin setidaknya 179 kilometer per jam.

Sekitar 436.000 rumah dan usaha komersial tidak mendapatkan aliran listrik pada hari Rabu di Puerto Rico, menurut LUMA Energy, yang menyediakan listrik ke teritori AS itu.

Tanda peringatan bertuliskan "Bahaya, Dilarang Berenang" di pantai Luquillo, Puerto Riko, 13 Agustus 2024, saat Badai Tropis Ernesto mendekat. (Jaydee Lee SERRANO / AFP)
Tanda peringatan bertuliskan "Bahaya, Dilarang Berenang" di pantai Luquillo, Puerto Riko, 13 Agustus 2024, saat Badai Tropis Ernesto mendekat. (Jaydee Lee SERRANO / AFP)

Lebih banyak hujan yang menyebabkan banjir turun di Virgin Islands AS dan Puerto Rico, kata pusat informasi badai, memperingatkan bahwa air banjir menutupi sejumlah ruas jalan dan menyebabkan tanah longsor.

“Saya mengimbau Anda untuk tetap aman di rumah Anda, siapkan nomor-nomor darurat dan ikuti rekomendasi dari pihak berwenang. Keselamatan semua orang adalah prioritas,” kata Gubernur Puerto Rico Pedro Pierluisi di X.

Sekolah-sekolah di Puerto Rico dan Virgin Islands ditutup pada hari Rabu, begitu juga dengan kantor-kantor pemerintah. Bandara di Virgin Islands, di sebelah timur dan tenggara Puerto Rico, diperkirakan akan dibuka kembali pada pukul 10 pagi waktu setempat (1400 GMT) pada hari Rabu.

Virgin Islands diperkirakan akan diguyur hujan dengan curah hingga 15,2 sentimeter, sementara di bagian tenggara Puerto Rico diperkirakan akan diguyur hujan hingga 25,4 sentimeter. Virgin Islands, Puerto Rico, Vieques dan Culebra berada di bawah peringatan badai tropis, kata pusat informasi badai.

Ernesto adalah badai Atlantik kedua dalam seminggu. Sebelumnya, badai Debby yang bergerak lambat menghantam Pantai Teluk Florida sebagai badai Kategori 1 pekan lalu, sebelum merendam sejumlah daerah di negara bagian North Carolina dan South Carolina dengan curah hujan hingga 0,6 meter. [th/uh]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG