Tautan-tautan Akses

Badai Musim Dingin Basah Akan Melanda California


Peselancar layang Robert Rice melakukan hidrofoil di lepas pantai Belmont Shore di Long Beach, California, Minggu, 18 Februari 2024. Ramalan cuaca memperingatkan kemungkinan banjir, hujan es, angin kencang dan bahkan tornado singkat beberapa hari ke depan. (AP/Damian Dovarganes)
Peselancar layang Robert Rice melakukan hidrofoil di lepas pantai Belmont Shore di Long Beach, California, Minggu, 18 Februari 2024. Ramalan cuaca memperingatkan kemungkinan banjir, hujan es, angin kencang dan bahkan tornado singkat beberapa hari ke depan. (AP/Damian Dovarganes)

Ancaman terbaru dari serangkaian badai musim dingin basah melanda pantai di California Utara pada Minggu. Ahli ramalan cuaca memperingatkan kemungkinan terjadinya banjir, hujan es, angin kencang dan bahkan tornado singkat ketika badai ini bergerak ke selatan dalam beberapa hari ke depan.

Hembusan angin mencapai kecepatan 48 kilometer per jam di Oakland dan San Jose, ketika suhu dingin rendah pada Sabtu malam, digantikan oleh badai yang lebih kuat dan akan bertambah kuat pada Senin pagi (19/2). Itu disampaikan ahli meteorologi Brayden Murdock, dari kantor Layanan Cuaca Nasional di San Francisco.

“Angin di sini semakin kencang, dan hujan akan segera menyusul,” ujarnya, Minggu sore.

Pesisir tengah California berisiko mengalami “banjir besar,” dengan curah hujan diperkirakan mencapai 12 sentimeter di banyak wilayah, menurut badan cuaca. Hujan sporadis dengan jumlah total 25 sentimeter, mungkin terjadi di pegunungan Santa Lucia dan Santa Ynez, saat badai menuju ke arah Los Angeles dan sekitarnya.

Badai petir di lembah sekitar ibu kota negara bagian pada Senin, dapat membawa “tornado singkat, hujan es kecil dalam jumlah besar, hujan lebat, kilat, dan angin kencang,” kantor layanan cuaca di Sacramento memberikan peringatan melalui X.

Badai terbaru ini, diperkirakan akan bergerak lebih cepat, daripada aliran sungai atmosfer yang merusak, yang terjadi di California Selatan awal bulan ini. Bencana itu telah mengubah jalan menjadi sungai, menyebabkan ratusan tanah longsor dan menewaskan sedikitnya sembilan orang.

“Aliran atmosfir ini tidak ideal, aliran sungai ini memiliki beberapa karakteristik,” termasuk lapisan kelembapan subtropis yang muncul di bagian belakang badai, kata Murdock. “Kalau ternyata tidak terjadi, maka itu hanya permukaan yang dingin.”

Namun cuaca dingin tersebut cukup kuat untuk menjadi penyebab masalah, termasuk banjir bandang dan pemadaman listrik, kata para peramal cuaca. Siaga dan peringatan banjir dikeluarkan di wilayah pesisir dan pegunungan di seluruh negara bagian.

Curah hujan akan meluas bahkan di pegunungan, namun salju setinggi beberapa kaki mungkin terjadi pada ketinggian di atas sekitar 2.070 meter di Sierra Nevada, kata badan cuaca. Pengendara diimbau menghindari jalur pegunungan.

“Pertimbangkan untuk tidak melakukan perjalanan di Sierra pada siang hari, pada Minggu, atau jadwalkan ulang hingga akhir minggu depan,” kata kantor layanan cuaca di Reno, Nevada. Kantor tersebut mengeluarkan peringatan longsoran salju di wilayah pedalaman, untuk wilayah Danau Tahoe dan Sierra timur di wilayah Inyo dan Mono.

Kantor Layanan Darurat Gubernur California, mengaktifkan pusat operasinya pada Sabtu dan menempatkan personel dan peralatan di area yang paling berisiko. [ns/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG