Tautan-tautan Akses

Bertemu Menhan Rusia, Kim Jong un Bertekad Pererat Hubungan Rusia-Korut


Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bertemu dengan delegasi yang dipimpin oleh Sergei Shoigu, sekretaris Dewan Keamanan Rusia, 14 September 2024. (Foto: KCNA via Reuters)
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bertemu dengan delegasi yang dipimpin oleh Sergei Shoigu, sekretaris Dewan Keamanan Rusia, 14 September 2024. (Foto: KCNA via Reuters)

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjanji untuk memperkuat hubungan dengan Rusia saat melakukan pembicaraan dengan Kepala Keamanan Sergei Shoigu yang sedang melakukan kunjungan kenegaraan, menurut laporan media pemerintah pada Sabtu (14/9).

Negara-negara Barat menuduh Korea Utara yang kekurangan dana menjual amunisi kepada Rusia, yang tengah didera hujan sanksi akibat perang yang berlangsung lebih dari 30 bulan di Ukraina. Tuduhan ini menambah ketegangan di tengah situasi geopolitik yang semakin kompleks.

Korea Utara baru-baru ini memperkuat hubungan militer dengan Rusia. Presiden Vladimir Putin melakukan lawatan yang tak pernah terjadi ke Pyongyang pada Juni. Pada saat itu ia menandatangani perjanjian pertahanan bersama dengan Kim.

Media pemerintah Korea Utara menampilkan foto Kim dan Shoigu berpelukan dan tersenyum di akhir kunjungan mereka. Kim juga menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Vladimir Putin atas kesehatan dan kesuksesan dalam pekerjaannya.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mendengarkan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu saat memeriksa pesawat tempur Rusia di Vladivostok, Rusia, 16 September 2023. (Foto: via AP)
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mendengarkan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu saat memeriksa pesawat tempur Rusia di Vladivostok, Rusia, 16 September 2023. (Foto: via AP)

Pasangan tersebut disebut sedang melakukan pembicaraan yang "konstruktif" dalam "suasana yang hangat, ramah, dan dapat dipercaya".

Lokasi pasti pertemuan mereka tidak diungkapkan. Namun, para ahli menduga itu adalah Istana Tamu Kumsusan di Pyongyang, yang telah menjadi tuan rumah bagi Putin dan Presiden China Xi Jinping.

"Terjadi pertukaran pandangan yang luas mengenai isu-isu pendalaman dialog strategis antara kedua negara dan penguatan kerja sama untuk mempertahankan kepentingan keamanan bersama dan mengenai situasi regional dan internasional," kata media pemerintah Korea Utara.

Kim "menegaskan bahwa pemerintah DPRK akan meningkatkan kerja sama dan kolaborasi" dengan Rusia sesuai dengan perjanjian yang mereka tandatangani pada bulan Juni, tambahnya, dengan menggunakan nama resmi negara tersebut.

Dewan Keamanan Rusia mengatakan di situs webnya bahwa pertemuan Shoigu dengan Kim akan "memberikan kontribusi penting bagi implementasi" pakta pertahanan.

Shoigu mengepalai Dewan Keamanan Rusia setelah mengundurkan diri sebagai menteri pertahanan pada bulan Mei.

Ia terakhir kali bertemu dengan Kim pada Juli 2023 di Pyongyang saat peringatan 70 tahun gencatan senjata Perang Korea 1953.

Pertemuan terakhir mereka terjadi dua hari setelah Korea Utara menembakkan beberapa rudal balistik jarak pendek ke perairan di sebelah timur semenanjung Korea. Kepala Staf Gabungan Seoul mengatakan bahwa uji coba itu kemungkinan merupakan senjata yang dimaksudkan "untuk diekspor ke Rusia".

Korea Utara pada Jumat merilis gambar fasilitas pengayaan uraniumnya untuk pertama kalinya. Kim menekankan perlunya menambah jumlah sentrifus untuk meningkatkan senjata nuklir secara eksponensial demi mempertahankan diri.

Amerika Serikat dan Korea Selatan menuduh Korea Utara memasok amunisi dan rudal untuk upaya perang Rusia, sebuah klaim yang oleh Pyongyang disebut "tidak masuk akal".

Laporan Conflict Armament Research minggu ini menunjukkan melalui analisis puing bahwa "rudal yang diproduksi tahun ini di Korea Utara telah digunakan di Ukraina."

Rusia, sebagai sekutu lama Korea Utara, adalah salah satu dari sedikit negara yang menjalin hubungan persahabatan dengan Pyongyang. Hubungan kedua negara semakin erat sejak perang Ukraina dimulai pada 2022, yang menyebabkan Rusia menjauh dari Barat. [ah]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG