Tautan-tautan Akses

Bunga KPR AS Mungkin Turun pasca The Fed Pangkas Suku Bunga


Pemangkasan suku bunga oleh the Fed diperkirakan menurunkan bunga KPR dan membuat harga rumah lebih terjangkau (foto: ilustrasi).
Pemangkasan suku bunga oleh the Fed diperkirakan menurunkan bunga KPR dan membuat harga rumah lebih terjangkau (foto: ilustrasi).

Bank Sentral AS (The Fed) memberi para calon pembeli rumah apa yang mereka harapkan pekan ini, yaitu pemotongan suku bunga yang besar dan tanda-tanda akan dipotong lebih banyak lagi pada waktu mendatang.

Meski demikian, calon pembeli rumah dan para pemilik rumah yang ingin melakukan penghitungan kembali cicilan rumah mereka, jangan terlalu berharap suku bunga KPR akan diturunkan banyak mulai sekarang ini.

Meskipun The Fed tidak menetapkan suku bunga KPR, kecenderungan kebijakannya membuka jalan bagi bunga KPR untuk diturunkan. Namun dalam kasus ini, tindakan Bank Sentral telah diantisipasi secara luas, sehingga bunga sudah diturunkan, jauh sebelum penurunan suku bunga diumumkan.

Inflasi Dekati Target, Bank Sentral AS Turunkan Suku Bunga
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:58 0:00

“Kita telah saksikan penurunan besar yang akan kita dapatkan tahun ini,” kata Danielle Hale, kepala ekonom di Realtor.com. “Saya tidak akan terkejut jika bunga KPR justru naik sedikit sebelum turun lagi.”

Ketika bunga KPR naik, mereka dapat menambah ratusan dolar per bulan bagi para peminjamnya. Tingkat rata-rata KPR untuk pinjaman 30 tahun, naik dari di bawah 3% pada September 2021 ke tingkat tertinggi dalam 23 tahun mencapai 7,8% pada Oktober lalu,. Hal itu bertepatan dengan kenaikan suku bunga acuan The Fed untuk melawan inflasi. [ps/jm]

Bunga KPR AS Diperkirakan Turun pasca The Fed Pangkas Suku Bunga Acuan
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:56 0:00

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG