Tautan-tautan Akses

Inflasi Konsumen Amerika Serikat Reda Melebihi Perkiraan pada Agustus


FILE - Suasana berbelanja di toko kelontong di Rosemead, California, 14 Agustus 2024.
FILE - Suasana berbelanja di toko kelontong di Rosemead, California, 14 Agustus 2024.

Tingkat inflasi konsumen Amerika Serikat mereda lebih daripada yang diperkirakan pada bulan lalu, menurut data pemerintah yang dipublikasikan hari Rabu (11/9). Ini memperkuat ekspektasi bahwa bank sentral Amerika Serikat (Federal Reserve atau the Fed), akan memangkas suku bunga pekan depan.

Pemangkasan suku bunga oleh bank sentral Amerika Serikat yang independen itu akan mendorong permintaan di ekonomi terbesar di dunia ini. Hal tersebut akan memberi partai Demokrat sejumlah kabar baik di bidang ekonomi menjelang putaran terakhir pemilihan presiden 2024.

Indeks harga konsumen melambat menjadi 2,5 persen pada Agustus dibandingkan angka setahun silam, turun dari 2,9 persen pada bulan Juli dan merupakan angka tahunan terendah sejak Februari 2021, kata Departemen Tenaga Kerja dalam sebuah pernyataan.

Angka tersebut sedikit di bawah prakiraan rata-rata para ekonom yang disurvei oleh Dow Jones Newswires dan The Wall Street Journal. Inflasi bulanan naik 0,2 persen, sesuai dengan ekspektasi.

“Laporan hari ini menunjukkan bahwa kita sedang meninggalkan kesulitan terkait inflasi,” kata Penasihat Ekonomi Nasional Gedung Putih Lael Brainard dalam sebuah pernyataan.

“Dengan inflasi kembali turun mendekati level normal, penting sekali untuk fokus pada mempertahankan kemajuan historis yang telah kita capai untuk para pekerja Amerika selama masa pemulihan ini,” lanjutnya.

Terlepas dari kabar baik mengenai tingkat inflasi utama, pengukuran inflasi yang tidak memperhitungkan harga pangan dan energi yang fluktuatif sebagian besar tidak berubah berdasarkan penghitungan tahunan. Angka itu naik 0,3 persen lebih besar daripada perkiraan dari bulan sebelumnya, yang mengindikasikan bahwa inflasi yang mendasarinya masih tetap kuat.

Sementara itu, ukuran inflasi lainnya, indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) juga turun mendekat target jangka panjang bank, 2 persen, dalam beberapa bulan terakhir.

Pasar tenaga kerja juga mengalami penurunan. Terkait dengan itu, para pembuat kebijakan di the Fed telah mengalihkan perhatian dari inflasi ke masalah pengangguran yang merupakan bagian dari mandat ganda bank sentral, dan ini mengindikasikan bahwa pemangkasan suku bunga akan dilakukan. [uh/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG