Tautan-tautan Akses

Catat Rekor Baru, Martin Sukses Berada Posisi Terdepan di MotoGP Mandalika


Jorge Martin (Prima Pramac) melaju saat kualifikasi MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat, 28 September 2024. (Foto: BAY ISMOYO/AFP)
Jorge Martin (Prima Pramac) melaju saat kualifikasi MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat, 28 September 2024. (Foto: BAY ISMOYO/AFP)

Jorge Martin unggul 0,535 detik dari pebalap asal Italia, Marco Bezzecchi, yang berhasil selamat dari kecelakaan untuk mengamankan posisi terdepan pada lap terakhirnya.

Pebalap Spanyol, Jorge Martin, berhasil berada di posisi terdepan pada Sabtu (28/9) di Sirkuit Mandalika untuk kategori sprint dan Grand Prix MotoGP pada akhir pekan ini dengan mencatatkan rekor lap yang mengesankan. Sementara itu, Martin, yang merupakan pemimpin klasemen saat ini, juga berusaha memperlebar jarak dengan para pesaingnya dalam perebutan gelar.

Dalam kondisi Sirkuit Mandalika yang lembab, Martin dari Ducati-Pramac berhasil melaju dalam waktu 1 menit 29,088 detik, memecahkan rekor yang dibuat sehari sebelumnya dengan selisih lebih dari setengah detik.

"Saya sangat senang. Hari ini saya merasa hebat. Semuanya berjalan dengan sempurna, jadi ini selalu menyenangkan," kata Martin kepada wartawan.

Ia unggul 0,535 detik dari pebalap asal Italia, Marco Bezzecchi, yang berhasil selamat dari kecelakaan untuk mengamankan posisi terdepan pada lap terakhirnya. Sementara itu, Pedro Acosta dari Red Bull GasGas, yang berasal dari Spanyol, menempati posisi ketiga dengan selisih 0,048 detik.

Jorge Martin merayakan pole position bersama Marco Bezzecchi, dan Pedro Acosta usai kualifikasi MotoGP di Sirkuit Mandalika, 28 September 2024. (Foto: Sonny TUMBELAKA/AFP)
Jorge Martin merayakan pole position bersama Marco Bezzecchi, dan Pedro Acosta usai kualifikasi MotoGP di Sirkuit Mandalika, 28 September 2024. (Foto: Sonny TUMBELAKA/AFP)

"Saya kehilangan sedikit konsentrasi dan saya terjatuh. Untungnya, motornya baik-baik saja," kata pembalap Ducati-VR46, Bezzecchi.

"Saya tahu saya bisa cepat, tetapi saya tidak membayangkan baris pertama, jadi apa yang bisa saya katakan? Saya sangat senang,” ujarnya.

Juara bertahan asal Italia, Francesco Bagnaia, dan Enea Bastianini, akan memulai di baris kedua setelah finis di urutan keempat dan kelima.

Marc Marquez, pebalap asal Spanyol yang saat ini menduduki urutan keempat dalam klasemen kejuaraan, tergelincir dua kali pada sesi kualifikasi kedua dan akan memulai balapan dari posisi ke-12 setelah gagal mencatatkan waktu putaran sama sekali.

Francesco Bagnaia, juara bertahan, kini tertinggal 24 poin dari Jorge Martin. Terdapat enam akhir pekan balapan yang tersisa, di mana setiap akhir pekan memungkinkan pebalap meraih maksimal 37 poin.

Pembalap Ducati asal Italia itu kehilangan posisi dari pembalap Spanyol itu setelah mengalami kecelakaan di MotoGP Emilia-Romagna minggu lalu.

Rekan setim Bagnaia, Bastianini, dan Marquez dari Gresini tertinggal 59 dan 60 poin dari Martin, masih memiliki peluang kecil untuk kembali ke perebutan gelar.

Enea Bastianini mencetak rekor baru di lintasan Mandalika saat melakukan latihan pada Jumat (27/9) dengan catatan waktu 1:29.630, sebelum Jorge Martin melakukan putaran kualifikasi yang spektakuler.

MotoGP kembali digelar di Indonesia pada 2022, sejak pertama kali gelaran skala internasional itu diselenggarakan di Tanah Air pada 1997. [ah/ft]

Forum

XS
SM
MD
LG