Tautan-tautan Akses

Chad Perketat Kontrol Media Jelang Pemilu 


Sejumlah surat kabar Chad dijual di salah satu lokasi di N'Djamena, pada 2 Februari 2015. (Foto: AFP/Sia Kambou)
Sejumlah surat kabar Chad dijual di salah satu lokasi di N'Djamena, pada 2 Februari 2015. (Foto: AFP/Sia Kambou)

Situs-situs berita daring di Chad, menyuarakan kekhawatiran pada Senin (14/10), atas langkah-langkah yang diumumkan oleh pihak berwenang di negara tersebut untuk memperketat kontrol media, hanya sekitar dua bulan sebelum pemilu digelar.

Asosiasi Media Daring Chad (AMET) mengatakan, keputusan oleh otoritas media utama “tampaknya menunjukkan keinginan untuk membatasi aktivitas media daring.”

Abderamane Barka, kepala Otoritas Tinggi untuk Media Audiovisual (HAMA), mengumumkan minggu lalu bahwa setiap surat kabar swasta, baik cetak maupun daring, yang menyiarkan konten suara atau audiovisual “alih-alih membatasi diri pada artikel tertulisnya, akan ditangguhkan penerbitannya.”

Hal yang sama berlaku untuk media swasta yang menggunakan halaman Facebook untuk menerbitkan informasi selain “konten asli,” Barka mengatakan pada sebuah seminar bersama komunitas pers pada Rabu (9/10).

Dia menyerukan “pembersihan berkelanjutan lanskap media Chad”.

Namun organisasi pengawas media, Reporters Without Borders, yang dikenal dengan inisial bahasa Prancisnya RSF, menyebutnya sebagai “keputusan yang tidak berdasar, yang membahayakan pluralisme media.”

Dan dalam pernyataannya, AMET menyatakan bahwa tindakan tersebut “tampaknya melampaui kerangka hukum.”

Hal ini terjadi di tengah pembatasan kebebasan pers di Chad di bawah Mahamat Deby, yang diproklamasikan sebagai kepala negara oleh tentara pada April 2021 ketika ayahnya, penguasa lama, Idriss Deby Itno, dibunuh oleh pemberontak.

Pada Mei, dia memenangkan pemilihan presiden yang diboikot oleh oposisi dan menurut pengamat internasional tidak kredibel.

Pemilu legislatif dan lokal dijadwalkan berlangsung pada 29 Desember.

Pembunuhan mantan komandan intelijen umum dan putranya oleh orang-orang bersenjata tak dikenal, memicu perintah resmi minggu lalu “untuk mengamankan kota N'Djamena” dan melakukan “penggeledahan sistematis” untuk mencari senjata.

Tentara bersenjata lengkap dikerahkan di beberapa bagian ibu kota untuk melakukan penggeledahan.

Pada Sabtu, stasiun televisi pemerintah mengumumkan penggantian menteri keamanan di bawah perombakan kecil pemerintahan.

Partai-partai oposisi mengumumkan pekan lalu, bahwa mereka akan menolak untuk ikut serta dalam pemilihan umum Desember, mengecam “iklim kediktatoran dan teror yang berbahaya.”

“Negara ini sedang menuju penobatan terakhir dari ketidakabsahan total rezim setelah referendum palsu yang memaksakan konstitusi yang ditolak dan pemilihan presiden yang membawa bencana yang hasilnya tidak pernah dicatat, disusun, dan dihitung,” kata mereka dalam sebuah pernyataan.

Pada pertengahan September, Organisasi Dunia Melawan Penyiksaan memperingatkan tentang peningkatan jumlah penangkapan dan penahanan tanpa proses hukum oleh badan intelijen Chad. [ns/lt]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG