Tautan-tautan Akses

China: Pintu untuk Berdialog dengan AS 'Selalu Terbuka'


Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin dalam jumpa pers di Beijing, China, 26 April 2023. (REUTERS/Florence Lo)
Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin dalam jumpa pers di Beijing, China, 26 April 2023. (REUTERS/Florence Lo)

Pintu China untuk berdialog dengan Amerika selalu terbuka, dan komunikasi antara kedua negara tidak pernah berhenti, kata kementerian luar negeri China, Jumat (16/6).

China dan Amerika harus mengembangkan hubungan atas dasar saling menghormati dan kesetaraan, kata juru bicara kementerian tersebut, Wang Wenbin, dalam konferensi pers. Ia mengatakan itu sebagai tanggapan atas pertanyaan tentang rendahnya ekspektasi pejabat-pejabat Amerika atas kunjungan Menteri Luar Negeri Antony Blinken ke Beijing akhir pekan ini.

"Komunikasi seharusnya membahas keprihatinan kedua pihak dan memiliki efek praktis dalam memecahkan masalah. Komunikasi seharusnya tidak merugikan kepentingan pihak lain atau melibatkan standar ganda," kata Wenbin.

Amerika tidak berharap akan ada "daftar panjang keberhasilan" dari kunjungan Blinken ke China. Tetapi berharap saluran komunikasi tingkat tinggi dengan Beijing tetap terbuka untuk mengurangi risiko persaingan dengan Beijing berubah menjadi konflik, kata para pejabat Rabu. [ka/ab]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG