Tautan-tautan Akses

Dari Penjara Iran ke Kursi VIP di Wimbledon, Berkat Andy Murray


Nazanin Zaghari-Ratcliffe berpose bersama petenis Inggris Andy Murray di clubhouse setelah Murray menyelesaikan pertandingan babak pertamanya pada turnamen Wimbledon di London, pada 4 Juli 2023. (Foto: Andrew Baker/Pool Photo via AP)
Nazanin Zaghari-Ratcliffe berpose bersama petenis Inggris Andy Murray di clubhouse setelah Murray menyelesaikan pertandingan babak pertamanya pada turnamen Wimbledon di London, pada 4 Juli 2023. (Foto: Andrew Baker/Pool Photo via AP)

Pemain tenis professional Inggris, Andy Murray, mengatakan ia memiliki pertemuan yang emosional dengan Nazanin Zaghari-Ratcliffe, yang sempat menjalani hukuman enam tahun penjara di Iran, setelah mengundangnya untuk ikut menyaksikan ia bertanding dari kursi VIP di turnamen Grand Slam Wimbledon pada Selasa (4/7).

Zaghari-Ratcliffe dan Murray menjadi teman setelah dalam suatu wawancara tahun lalu perempuan itu mengatakan bahwa menonton Murray memenangkan Wimbledon pada tahun 2016 di televisi, telah ikut membantunya bertahan ketika berada di sel isolasi.

Zaghari-Ratcliffe dituduh menjadi mata-mata ketika ia mengunjungi orang tuanya di Iran. Ia ditahan di penjara Evin di Teheran, yang terkenal kejam, hingga akhirnya dibebaskan pada tahun lalu.

“Zaghari-Ratcliffe belum pernah ke Wimbledon sebelumnya,” ujar Murray.

“Setelah ia bercerita menonton final Wimbledon di televisi ketika ditahan di penjara, saya merasa ingin mengundangnya untuk datang dan menonton tenis dalam keadaan yang sama sekali berbeda.

“Mudah-mudahan pengalaman ini jauh lebih menyenangkan. Sangat emosional saat berbicara dengannya, dan mendengar ceritanya. Sungguh luar biasa ia bisa datang dan menonton pertandingan ini,” tambahnya.

Dalam wawancara pada tahun 2022 lalu, Zaghari-Ratcliffe mengatakan sipir penjara mengizinkannya mengakses televisi yang hanya memiliki dua saluran.

Saluran pertama menyiarkan opera sabun Iran, dan saluran lainnya adalah saluran olahraga yang menayangkan pertandingan final turnamen Wimbledon di mana Murray memenangkan gelar keduanya.

“Mereka (sipir penjara.red) tidak tahu apa yang telah mereka berikan pada saya,” ujarnya.

Zaghari-Ratcliffe akhirnya bisa melihat langsung Murray di lapangan utama, dan peraih gelar Wimbledon dua kali itu tidak mengecewakan tamunya saat ia berhasil mengalahkan sesama petenis Inggris, Ryan Peniston.

Murray, mantan petenis nomor satu dunia dan memenangkan gelar Wimbledon pertamanya pada tahun 2013, mengungguli lawannya di babak pertama lewat pertandingan straight set 6-3, 6-0 dan 6-1.

Murray akan menghadapi ujian lebih berat di putaran kedua, di mana ia akan menghadapi pemenang pertandingan antara petenis peringkat lima dunia, Stefanos Tsitsipas, atau mantan pemenang Amerika Terbuka, Dominic Thiem. Pertandingan antara Tsitsipas dan Thiem ditunda karena karena hujan. [em/rs]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG