Tautan-tautan Akses

Debu Bulan yang Dikumpulkan oleh Neil Armstrong akan Dilelang di New York


Kantung Sampel Debu Bulan dari Apollo 11 yang digunakan oleh Neil Armstrong, akan ditawarkan di sebuah lelang, diperagakan di Balai Lelang Sotheby di New York, 13 Juli 2017 (foto: AP Photo/Richard Drew)
Kantung Sampel Debu Bulan dari Apollo 11 yang digunakan oleh Neil Armstrong, akan ditawarkan di sebuah lelang, diperagakan di Balai Lelang Sotheby di New York, 13 Juli 2017 (foto: AP Photo/Richard Drew)

Debu bulan yang dikumpulkan Neil Armstrong saat mendarat di bulan untk pertama kalinya diperagakan hari Kamis di sebuah balai lelang di New York – simbol masa-masa kejayaan Amerika di luar angkasa saat ini bernilai $2 juta hingga $4 juta.

Astronot yang kini sudah almarhum tersebut membawa debu dan beberapa batu kecil kembali ke bumi dalam sebuah kantung yang tampak biasa-biasa saja.

Debu ini adalah satu dari 180 lot yang terkait dengan perjalanan ke luar angkasa yang dilelang oleh Sotheby tanggal 20 Juli untuk menandakan dirgahayu pionir pendaratan di bulan yang ke-48 pada tanggal itu di tahun 1969.

Debu bulan ini adalah sampel pertama dari satelit planet bumi tersebut yang pernah dikumpulkan.

Keberadaan kantung tersebut memiliki ceritanya tersendiri, sebuah perjalanan selama satu dekade di mana awalnya kantung tersebut keliru diidentifikasi dan hampir dibuang ke tempat sampah. Sekitar dua tahun yang lalu, kantung berisi debu bulan tersebut muncul dalam sebuah lelang barang sitaan yang diselenggarkan atas nama U.S. Marshals Service. Pemiliknya, yang namanya tidak diungkapkan ke publik, membeli harta karun tersebut dan mengirimkannya ke NASA untuk diuji.

Setelah pertarungan di pengadilan, seorang hakim federal memberikan kepada pemiliknya hak-hak penuh atas keinginan tahunya.

Benda-benda lain yang ada di blok lelang tersebut adalah foto astronot Apollo 11, “Buzz” Aldrin yang berdiri di bulan, dengan perkiraan nilai antara $3.000 hingga $5.000.

Rencana perjalanan astronot yang digunakan untuk kembali ke bumi bernilai antara $25.000 hingga $35.000.

Dalam sebuah foto yang bernilai antara $2.000 hingga $3.000, astronot Gene Cernan dari Apollo 17, tampak di atas kendaraan penjelajah bulan di antara lembah-lembah yang ada di bulan.

Sebagai penutup dari lelang tersebut adalah sebuah sentuhan humor: boneka astronot Snoopy yang menjadi maskot awak Apollo 10, dengan harga perkiraan pra-penjualan antara $2.000 hingga $3.000.

Armstrong adalah manusia pertama yang menginjakkan kakinya di bulan. Ia tutup usia tahun 2012 di Ohio.

Manusia pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa adalah kosmonot Soviet, Yuri Gagarin, yang mengorbit bumi di wahana antariksa pada bulan April 1961.

Penjelasan Gagarin tentang planet bumi – yang diterjemahkan dari bahasa Rusia – ditawarkan sebagai bagian dari hasil pengamatannya saat berada di luar angkasa, pada perkiraan harga antara $50.000 hingga $80.000.

Dengan menyebutnya “pemandangan yang luar biasa,” ia menulis: “Bumi memiliki halo yang sangat jelas dengan warna biru yang cantik. Halo ini tampak jelas apabila kita memandang ke arah cakrawala. Halo tersebut memiliki transisi mulus dari warna biru pucat ke biru, biru gelap, ungu, dan hitam pekat.” [ww]

XS
SM
MD
LG