Tautan-tautan Akses

Dilarang Berhijab di Sekolah, Siswi di India: 'Allahu Akbar!'


Dilarang Berhijab di Sekolah, Siswi di India: 'Allahu Akbar!'
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:00:41 0:00

Muskan Khan, seorang pelajar Muslim meneriakkan “Allahu Akbar” sembari melewati massa yang menyorakkan slogan Hindu “Jai Shree Ram” (Kemuliaan untuk Dewa Rama), di Provinsi Karnataka, India, Selasa (8/2).

Muskan menentang larangan mengenakan hijab di sekolah, yang diterapkan sejak bulan lalu.

Larangan ini menyulut protes ratusan umat Muslim, yang merupakan minoritas di India.

“Berhijab adalah pilihan pribadi yang tidak melukai siapapun… (larangan) ini diskriminatif dan melanggar hak yang dijamin konstitusi India,” tutur Sumayya Rousha, Presiden Organisasi Perempuan Muslim Karnataka.

Alhasil, pemprov setempat, sejak Selasa, memerintahkan sekolah dan kampus untuk tutup selama tiga hari, sebagai upaya meminimalisir protes.

Petisi salah seorang siswi Muslim, yang meminta aturan larangan berhijab di sekolah untuk dicabut, juga telah dipersidangkan di Pengadilan Tinggi Karnataka.

Belum ada keputusan final yang diperolah dari persidangan. Hakim memutuskan untuk membawa kasus ke pengadilan yang lebih tinggi.

Anggota partai oposisi pemerintah, Rahul Gandhi mengklaim, dengan menjadikan hijab sebagai alat untuk melarang siswi belajar, “Kita sedang merenggut masa depan perempuan India.”

Kantor berita AFP laporkan, umat Muslim mengaku semakin ‘takut dan dipersekusi’ di bawah pemerintahan PM Narendra Modi - seorang nasionalis Hindu.

XS
SM
MD
LG