Tautan-tautan Akses

Duterte akan Kerahkan Kapal AL ke Laut China Selatan untuk Klaim SDA


Presiden Filipina Rodrigo Duterte
Presiden Filipina Rodrigo Duterte

Presiden Filipina Rodrigo Duterte pada Senin (19/4) mengatakan siap mengirim kapal-kapal militernya ke Laut China Selatan untuk "mengajukan klaim" atas sumber-sumber minyak dan mineral di suatu wilayah strategis yang disengketakan.

Duterte telah menghadapi kritikan yang menyebut dirinya lembek dengan menolak menekan Beijing untuk mematuhi putusan arbitrase. Merespon kritikan itu, dia mengatakan akan meyakinkan publik bahwa dia akan mengklaim sumber-sumber daya negara seperti minyak dan mineral di Laut China Selatan.

"Saya tidak tertarik dengan perikanan. Saya pikir tidak ada cukup banyak ikan untuk diperebutkan. Tapi ketika kami siap menambang, ketika kami siap menggali apapun yang ada di perut Laut China Selatan, minyak kami, ketika itulah saya akan mengerahkan kapal-kapal abu-abu kesana untuk menegaskan klaim," kata Duterte dalam pidato malam hari.

"Apabila mereka mulai mengebor minyak di sana, saya akan katakan kepada China, apakah itu bagian dari perjanjian kita? Apabila itu bukan bagian dari perjanjian, saya juga akan mengebor minyak di sana," tambahnya, meski Duterte menekankan lagi bahwa dia ingin Manila tetap bersahabat dengan Beijing.

Duterte telah berusaha membangun aliansi dengan China dan enggan mengonfrontasi pemimpin negara itu. China telah berjanji akan memberi Filipina pinjaman dan investasi sebesar miliaran dolar, kebanyakan belum terwujud.

Kedutaan China di Manila belum segera berkomentar. [vm/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG