Tautan-tautan Akses

Estonia Setujui Ekstradisi Tersangka Kejahatan Dunia Maya ke AS


ILUSTRASI - Bendera Estonia berkibar di dekat jembatan di atas sungai Narva di titik perlintasan perbatasan dengan Rusia di Narva, Estonia 18 September 2022. (REUTERS/Janis Laizans)
ILUSTRASI - Bendera Estonia berkibar di dekat jembatan di atas sungai Narva di titik perlintasan perbatasan dengan Rusia di Narva, Estonia 18 September 2022. (REUTERS/Janis Laizans)

Mahkamah Agung Estonia memberikan izin terakhir, Jumat (24/5) untuk mengekstradisi dua pria ke Amerika Serikat yang diduga menipu ratusan ribu orang senilai $575 juta dalam skema mata uang kripto.

Sergei Potapenko dan Ivan Turogin ditangkap pada tahun 2022 dalam operasi gabungan oleh polisi Estonia dan FBI dan Washington meminta ekstradisi kedua pria tersebut.

Setelah perselisihan hukum selama hampir dua tahun, mahkamah agung Estonia setuju untuk mengirim kedua orang tersebut ke Amerika Serikat, dan menolak permohonan kasasi terbaru mereka.

“Karena Mahkamah Agung tidak mendengarkan permohonan kasasi, keputusan pengadilan wilayah Tallinn mulai berlaku hari ini,” kata mahkamah itu dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat.

Polisi setempat menjulukinya sebagai “salah satu kasus penipuan terbesar” dalam sejarah Estonia.

Kedua tersangka, keduanya warga negara Estonia, dituduh mengiming-imingi orang “untuk berinvestasi pada token mata uang kripto mereka. Namun, mereka tidak mengembangkan token tersebut seperti yang dijanjikan,” kata polisi pada tahun 2022.

Operasi gabungan untuk menangkap kedua pria tersebut melibatkan lebih dari 100 petugas polisi, termasuk sekitar 15 agen federal AS.

Kementerian Kehakiman Estonia mengatakan ekstradisi akan “dilakukan”, tanpa menyebutkan tanggal pastinya.

“Pemindahan orang-orang yang akan diekstradisi ke negara peminta akan diatur oleh Kepolisian dan Dewan Penjaga Perbatasan,” katanya dalam sebuah pernyataan. [lt/ab]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG