Tautan-tautan Akses

FBI Bayar Ganti Rugi Rp330 Miliar untuk Kasus Diskriminasi Seksual


Kantor pusat FBI di Washington, DC
Kantor pusat FBI di Washington, DC

Biro Investigasi Federal (FBI) telah setuju untuk membayar lebih dari $22 juta atau Rp330 miliar, untuk menyelesaikan gugatan class action (gugatan kelompok). Gugatan itu sendiri berfokus pada tuduhan bahwa calon staf perempuan menjadi sasaran untuk diberhentikan dalam pelatihan, dan secara rutin dilecehkan oleh para instruktur. Pelecehan itu antara lain berupa komentar seksual tentang ukuran payudara mereka, tuduhan palsu tentang perselingkuhan dan desakan untuk menggunakan kontrasepsi “untuk mengendalikan suasana hati mereka.”

Pembayaran ganti rugi bagi 34 perempuan yang telah dikeluarkan dari akademi pelatihan FBI di Quantico, Virginia, masih harus disetujui oleh hakim federal. Ini akan menjadi salah satu ganti rugi paling besar dalam gugatan hukum dalam sejarah biro tersebut.

“Masalah-masalah semacam ini merebak di dalam FBI dan sikap-sikap yang menciptakan masalah itu, dipelajari di akademi,” kata David J.Shaffer, pengacara para perempuan itu.

“Kasus ini akan memberikan perubahan besar yang penting terkait tindak-tanduk semacam ini,” tambah pengacara tersebut.

Diajukan pada 2019, gugatan hukum ini menyatakan bahwa para calon staf perempuan telah menjadi sasaran lingkungan kerja yang tidak bersahabat, di mana mereka dinilai dengan lebih keras dibandingkan dengan rekan-rekan lelaki mereka, dan “secara berlebihan ditarget untuk koreksi dan pemecatan dalam situasi taktis, karena dianggap kurang mampu mengambil keputusan dan kriteria kesesuaian yang subjektif.”

Salah satu perempuan penggugat mengatakan bahwa dia diingatkan untuk “lebih banyak tersenyum” dan berulang kali menjadi sasaran pendekatan seksual. Calon lainnya mengatakan bahwa seorang instruktur meliriknya dan menatapi dadanya “kadang-kadang sambil menjilat bibirnya sendiri.”

“Melalui toleransi pasif,” kata gugatan itu, “FBI dengan sengaja membiarkan Good Old Boy Network (sikap saling dukung di antara para instruktur, red.) berkembang tanpa kendali di Akademi FBI.”

FBI tidak segera memberikan komentar terkait penyelesaian kasus ini. Banyak tuduhan di dalam gugatan ini terkonfirmasi dalam sebuah laporan lembaga pengawas internal pada 2022. Pria masih merupakan tiga perempat dari agen khusus biro investigasi ini, meskipun ada banyak upaya untuk melakukan diversifikasi dalam beberapa tahun terakhir.

Di antara ketentuan dalam penyelesaian gugatan ini adalah bahwa FBI akan menawarkan kepada para penggugat, kesempatan untuk melanjutkan pelatihan untuk menjadi agen dan “penempatannya dijamin”, bagi mereka yang lolos, di salah satu dari tiga kantor lapangan pilihan mereka. FBI juga telah menyetujui peninjauan ulang yang dilakukan ahli-ahli dari luar, yang akan bekerja untuk memastikan bahwa calon perempuan menghadapi proses evaluasi yang adil.

Sebagian perempuan penggugat telah berpindah ke pekerjaan lain, kata Shaffer. Dia menambahkan, “FBI telah membuang sejumlah perempuan yang bakatnya luar biasa dari biro itu sendiri.”

Paula Bird, koordinator para penggugat dalam kasus ini yang sekarang telah menjadi pengacara, mengatakan bahwa meskipun di sisi lain pengalaman itu telah menjadi sesuatu yang “mengecewakan”, dia bersykur karena penyelesaian ini akan menghadirkan langkah keadilan bagi perempuan yang secara tidak adil telah dikeluarkan dari pelatihan. [ns/uh]

Forum

XS
SM
MD
LG