Tautan-tautan Akses

Gedung Putih Bela Deklarasi Keadaan Darurat Nasional Trump


Stephen Miller, penasihat Presiden Trump
Stephen Miller, penasihat Presiden Trump

Gedung Putih pada hari Minggu membela deklarasi keadaan darurat nasional Presiden Donald Trump untuk membangun tembok di sepanjang perbatasan AS-Meksiko guna menggagalkan imigrasi ilegal walaupun dia mengatakan dia tidak perlu melakukannya.

"Dia bisa memilih untuk mengabaikan krisis ini, tetapi dia memilih untuk tidak," kata penasihat Trump Stephen Miller, penganut garis keras imigrasi, kepada Fox News, Minggu (17/2).

Miller menyerang mantan Presiden George W. Bush atas "pengkhianatan yang mencengangkan" terhadap AS hampir dua dekade lalu ketika presiden dari Partai Republik itu membiarkan migran ilegal memasuki Amerika Serikat empat kali lebih banyak seperti sekarang ini. Tetapi Miller mengatakan "intinya" adalah bahwa "Anda tidak dapat membayangkan negara yang kuat tanpa perbatasan yang aman."

Dia mengatakan tindakan Trump adalah "mempertahankan perbatasan kita sendiri" dan menyebut imigrasi ilegal "ancaman di negara kita."

Menurut Miller, tindakan Trump dibenarkan di bawah undang-undang tahun 1976 yang memberi presiden wewenang untuk menyatakan keadaan darurat nasional. Namun dari 59 yang dideklarasikan sejak saat itu tidak satu pun melibatkan seorang presiden yang berusaha membatalkan penolakan kongres untuk menyetujui pendanaan khusus. (as)

XS
SM
MD
LG