Tautan-tautan Akses

Gempa 6,3 Skala Richter Guncang Papua Nugini


Gempa 6,3 skala Richter melanda Laut Bismarck, lepas pantai Papua Nugini (foto: ilustrasi).
Gempa 6,3 skala Richter melanda Laut Bismarck, lepas pantai Papua Nugini (foto: ilustrasi).

Gempa berkekuatan 6,3 skala Richter melanda Laut Bismarck, di lepas pantai Papua Nugini pada Kamis, kata Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Gempa dangkal yang terletak jauh dari daratan tersebut tidak menimbulkan peringatan tsunami atau laporan kerusakan langsung.

Pusat gempa berada sekitar 224 kilometer di timur laut kota Madang, yang terletak di sepanjang pantai utara negara tersebut.

Gempa bumi sering terjadi di Papua Nugini, yang berada di atas “Cincin Api” seismik, yang merupakan busur aktivitas tektonik intens yang membentang sepanjang Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik.

Meskipun jarang menyebabkan kerusakan yang meluas di daerah yang jarang penduduknya, gempa bumi dapat memicu tanah longsor yang merusak.

Pada April 2023, sedikitnya tujuh orang tewas ketika gempa berkekuatan 7,0 skala Richter melanda kawasan hutan di negara tersebut.

Kemudian pada September tahun lalu, 10 orang tewas ketika gempa berkekuatan 7,6 skala Richter menghancurkan ratusan rumah, membelah jalan dan menyebabkan pemadaman listrik di wilayah utara negara itu. [ns/ab]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG