Tautan-tautan Akses

Gubernur Kentucky: Korban Tewas ‘Akan Bertambah’


Gubernur Kentucky Andy Beshear berbicara kepada awak media dalam satu kesempatan di Muhammad Ali Center, Lousville, Kentucky, pada 6 November 2019. (Foto: AP)
Gubernur Kentucky Andy Beshear berbicara kepada awak media dalam satu kesempatan di Muhammad Ali Center, Lousville, Kentucky, pada 6 November 2019. (Foto: AP)

Penduduk di beberapa wilayah distrik di Kentucky yang dilanda tornado pada akhir minggu lalu di mana bencana tersebut menewaskan puluhan orang kemungkinan harus bertahan tanpa penghangat, air atau listrik dalam suhu dingin selama berminggu-minggu kata para pejabat negara bagian pada Senin (13/12).

Sementara itu jumlah kerusakan dan kematian menjadi semakin jelas di lima negara bagian lainnya yang dihantam oleh sejumlah tornado.

Pihak berwenang Kentucky mengatakan tingkat kehancuran yang sangat parah menghalangi kemampuan mereka untuk menghitung kerusakan akibat badai yang terjadi pada Jumat (10/12) malam itu. Sedikitnya 88 orang – termasuk 74 diantaranya di Kentucky – tewas oleh tornado yang juga menghancurkan sebuah panti wreda di Arkansas, dan mengakibatkan kerusakan parah pada pusat distribusi Amazon di Illinois. Tornado, yang mamatikan tersebut, juga meluas sampai ke Tennessee dan Missouri.

Di Kentucky, sementara pencarian terus berlanjut untuk mereka yang masih hilang, upaya kini juga beralih ke perbaikan jaringan listrik, penyediaan tempat tinggal sementara bagi mereka yang rumahnya hancur, pengiriman air minum dan persediaan bahan-bahan pokok lainnya.

Para warga tampak mensurvei kerusakan yang diakibatkan oleh tornado yang melanda Mayfield, Kentucky, pada 11 Desember 2021. (Foto: AP/Mark Humphrey)
Para warga tampak mensurvei kerusakan yang diakibatkan oleh tornado yang melanda Mayfield, Kentucky, pada 11 Desember 2021. (Foto: AP/Mark Humphrey)

Di Mayfield, Kentucky, salah satu kota yang paling terdampak parah oleh tornado, warga yang selamat kini harus berjuang menghadapi suhu udara tertinggi sekitar 10 derajat Celsius pada siang hari hingga di bawah titik beku pada malam hari tanpa fasilitas apa pun.

Di seluruh negara bagian itu, sekitar 26.000 rumah dan bisnis kini tak memiliki akses listrik, termasuk hampir semua rumah yang berlokasi di Mayfield. Lebih dari 10.000 rumah dan bisnis tidak memiliki air, dan 17.000 lainnya harus merebus air ledeng yang ada supaya layak pakai, kata Direktur Manajemen Darurat Kentucky Michael Dossett kepada para wartawan.

Empat tornado menghantam Kentucky, termasuk satu dengan jalur yang dilewatinya yang sangat panjang, sekitar 322 kilometer, kata pihak berwenang.

Selain kematian di Kentucky, serangkaian tornado juga menewaskan sedikitnya enam orang di Illinois, di mana pusat distribusi Amazon di Edwardsville roboh; empat di Tennessee; dua di Arkansas, di mana panti wreda luluh lantak, dan gubernur negara bagian itu mengatakan para pekerja melindungi penghuninya dengan tubuh mereka sendiri; dan dua di Missouri.

Para relawan juga berpacu untuk memenuhi kebutuhan yang lebih mendesak, seperti pakaian dalam dan kaus kaki. [lt/rs]

XS
SM
MD
LG