Tautan-tautan Akses

Harris akan Berkampanye di Perbatasan Arizona dan Meksiko 


Wakil Presiden AS sekaligus capres dari Partai Demokrat, Kamala Harris, berbicara dalam sebuah forum di Carnegie Mellon University di Pittsburgh, pada 25 September 2024. (Foto: AP/Gene J. Puskar)
Wakil Presiden AS sekaligus capres dari Partai Demokrat, Kamala Harris, berbicara dalam sebuah forum di Carnegie Mellon University di Pittsburgh, pada 25 September 2024. (Foto: AP/Gene J. Puskar)

Wakil Presiden Amerika serikat Kamala Harris pada Jumat (27/9) akan mengunjungi perbatasan AS-Meksiko di Arizona saat kampanyenya mencoba mengubah isu imigrasi yang lebih besar dari beban menjadi kekuatan dan berharap untuk melawan serangkaian serangan politik yang sering dan pedas dari mantan Presiden Donald Trump.

Kampanyenya pada hari Rabu (25/9) mengumumkan bahwa Harris akan berada di Douglas, Arizona, di seberang perbatasan dari Agua Prieta, Meksiko.

Trump telah membangun citra kampanyenya sebagian dengan menyerukan tindakan keras terhadap imigrasi ilegal dan perbatasan selatan, bahkan mendukung penggunaan polisi dan militer untuk melakukan deportasi massal jika ia terpilih pada bulan November. Harris semakin berupaya memanfaatkan isu tersebut dan membalikkannya terhadap lawannya, meskipun jajak pendapat menunjukkan pemilih terus lebih mempercayai Trump dalam hal itu.

Seberapa penting imigrasi dan perbatasan menjelang Hari Pemilihan dibuktikan dengan Trump yang tidak membuang waktu untuk bereaksi terhadap berita tentang perjalanan Harris. Ia mengatakan kepada massa di Mint Hill, North Carolina, bahwa Harris akan pergi ke perbatasan "untuk alasan politik" dan karena "hasil jajak pendapatnya menurun."

"Ketika Kamala berbicara tentang perbatasan, kredibilitasnya kurang dari nol," kata Trump. "Saya harap Anda akan mengingatnya pada hari Jumat. Saat dia bercerita tentang perbatasan, sampaikan satu pertanyaan sederhana kepadanya: "Mengapa Anda tidak melakukannya empat tahun lalu?"

Pernyataan tersebut mengangkat tema yang disampaikan Trump di hampir semua rapat umum kampanyenya, mencemooh Harris sebagai mantan "penguasa perbatasan" pemerintahan Biden, dengan alasan bahwa Harris mengawasi kebijakan federal yang lebih lunak sehingga memungkinkan jutaan orang masuk ke AS secara ilegal.

Presiden Joe Biden menugaskan Harris untuk mengatasi akar penyebab pola imigrasi yang telah menyebabkan banyak orang melarikan diri dari kekerasan dan geng narkoba di Amerika Tengah menuju perbatasan AS dan mencari suaka, meskipun dia tidak disebut penguasa perbatasan.

Sejak menggantikan Biden sebagai calon presiden Demokrat, Harris telah memanfaatkan pengalamannya sebagai mantan jaksa agung California, dengan mengatakan bahwa dia sering mengunjungi perbatasan dan mengadili geng narkoba dan penyelundup manusia ketika memegang jabatan tersebut. Saat dia berkampanye di seluruh AS, wakil presiden itu juga menyesalkan gagalnya kesepakatan keamanan perbatasan bipartisan di Kongres yang sebagian besar ditolak anggota Kongres dari Partai Republik atas perintah Trump.

Relatif Minimnya Pengetahuan Kewarganegaraan Warga Kelahiran AS
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:56 0:00

Harris telah berupaya menjadikan imigrasi sebagai isu yang dapat membantunya menarik dukungan, dengan mengatakan bahwa Trump lebih suka bermain politik dengan isu tersebut daripada mencari solusi, sementara juga menjanjikan perlakuan yang lebih manusiawi terhadap imigran jika ia memenangkan Gedung Putih.

Pada bulan Juni, Biden mengumumkan aturan yang melarang migran diberi suaka ketika pejabat AS menganggap perbatasan selatan kewalahan. Sejak saat itu, penangkapan karena penyeberangan perbatasan ilegal telah menurun.

Meskipun demikian, jajak pendapat baru oleh The Associated Press-NORC Center for Public Affairs Research yang dirilis bulan ini menemukan bahwa Trump memiliki keunggulan atas Harris yang dipercaya pemilih untuk menangani imigrasi dengan lebih baik. Isu ini juga menjadi masalah bagi Biden: Imigrasi ilegal dan penyeberangan di perbatasan AS dengan Meksiko telah menjadi tantangan selama sebagian besar pemerintahannya. Jajak pendapat tersebut juga menemukan bahwa Partai Republik lebih cenderung peduli dengan imigrasi. [my/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG