Tautan-tautan Akses

Hizbullah Serang Pangkalan Mossad dekat Tel Aviv dengan Rudal


Roket-roket yang ditembakkan dari selatan Lebanon dicegat oleh misil-misil dari sistem pertahanan udara Israel, Kubah Besi (Iron Dome) di atas wilayah udara Haifa, di utara Israel, Rabu, 25 September 2024. (Foto: Jack Guez/AFP)
Roket-roket yang ditembakkan dari selatan Lebanon dicegat oleh misil-misil dari sistem pertahanan udara Israel, Kubah Besi (Iron Dome) di atas wilayah udara Haifa, di utara Israel, Rabu, 25 September 2024. (Foto: Jack Guez/AFP)

Hizbullah menuduh Mossad berada di balik pembunuhan para pemimpinnya dan ledakan perangkat komunikasi yang digunakan oleh anggotanya.

Kelompok Hizbullah Lebanon mengatakan pada Rabu (25/9) bahwa pihaknya menembakkan roket yang menyasar markas besar dinas intelijen Israel, Mossad, yang berlokasi di dekat Tel Aviv.

Hizbullah menuduh Mossad berada di balik pembunuhan para pemimpinnya dan ledakan perangkat komunikasi yang digunakan oleh anggotanya, dalam eskalasi baru yang membuat musuh bebuyutan tersebut semakin dekat ke arah pecahnya perang besar.

Militer Israel mengatakan sirene peringatan berbunyi di pusat ekonomi Israel, Tel Aviv, ketika sebuah rudal dari darat-ke-darat dicegat oleh sistem pertahanan udara setelah terdeteksi melintasi dari Lebanon.

Tidak ada laporan mengenai kerusakan atau korban jiwa. Militer juga mengatakan tidak ada perubahan pada instruksi pertahanan sipil untuk Israel tengah.

Secara terpisah, kantor berita AFP melaporkan Rabu pagi, mengutip pernyataan Hizbullah bahwa kelompok itu meluncurkan rudal balistik ‘Qader 1’ pada pukul 6.30 waktu setempat, "menargetkan markas Mossad di pinggiran Tel Aviv.”

Sirene peringatan juga dibunyikan di wilayah lain di Israel tengah, termasuk di Kota Netanya.

Militer Israel mengatakan sebuah pesawat tak berawak yang melintasi wilayah Israel dari Suriah dicegat oleh jet tempur di selatan Laut Galilea.

Kelompok Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon menembakkan ratusan rudal dan roket ke Israel dalam beberapa hari terakhir ketika konflik berbulan-bulan di perbatasan dengan Lebanon selatan meningkat tajam.

Militer Israel telah melakukan serangan udara terberat dalam perang tersebut minggu ini, menargetkan para pemimpin Hizbullah dan menyerang ratusan sasaran jauh di dalam Lebanon.

Pada Selasa (24/9), serangan di Beirut menewaskan komandan senior Hizbullah, Ibrahim Qubaisi, yang memimpin pasukan rudal dan roket kelompok tersebut.

Dia adalah salah satu dari beberapa tokoh penting yang dibunuh sejak pecahnya pertempuran antara Israel dan Hizbullah yang didukung Iran hampir setahun yang lalu bersamaan dengan perang Gaza.

Serangan Israel sejak Senin (23/9) pagi telah menewaskan 569 orang, termasuk 50 anak-anak, dan melukai 1.835 orang di Lebanon, Menteri Kesehatan Firass Abiad mengatakan kepada Al Jazeera Mubasher TV.

Serangan baru terhadap Hizbullah telah memicu kekhawatiran bahwa konflik antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas di Gaza semakin meluas dan dapat mengganggu stabilitas Timur Tengah. [ft/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG