Tautan-tautan Akses

Houthi TV: Serangan AS-Inggris di Yaman, Sedikitnya 2 Tewas


Para pendukung Houthi menggelar aksi demo menentang serangan yang dipimpin oleh AS terhadap Yaman di Sanaa, pada 10 Mei 2024. (Foto: AP/Osamah Abdulrahman)
Para pendukung Houthi menggelar aksi demo menentang serangan yang dipimpin oleh AS terhadap Yaman di Sanaa, pada 10 Mei 2024. (Foto: AP/Osamah Abdulrahman)

Militer AS dan Inggris mengatakan mereka telah melancarkan serangan terhadap sasaran Houthi di Yaman pada Kamis (30/5) sebagai bagian dari upaya mencegah kelompok militan itu mengganggu kembali pelayaran di Laut Merah. Media Houthi melaporkan setidaknya dua orang terbunuh dalam serangan tersebut.

Komando Pusat AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pasukan AS dan Inggris telah menghantam 13 sasaran di wilayah Yaman yang dikuasai Houthi.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan operasi gabungan itu menarget tiga lokasi di kota pelabuhan Laut Merah, Hodeidah. Tempat-tempat itu, kata mereka, menampung drone dan senjata darat ke udara.

Stasiun televisi Al Masirah yang dikelola Houthi melaporkan setidaknya dua kematian dan 10 orang terluka akibat serangan terhadap gedung radio di distrik Al-Hawk, Hodeidah.

“Seperti biasa, perencanaan serangan dilakukan dengan sangat hati-hati untuk meminimalkan risiko terhadap warga sipil atau infrastruktur nonmiliter,” kata Kementerian Pertahanan Inggris dalam sebuah pernyataan.

“Melakukan serangan pada saat gelap juga seharusnya dapat mengurangi risiko-risiko tersebut.”

Media yang dikelola Houthi mengatakan total 13 serangan telah dilancarkan terhadap Yaman, termasuk enam serangan terhadap ibu kota Sanaa.

Kelompok Houthi, yang menguasai ibu kota Yaman dan sejumlah wilayah yang padat penduduk, telah menyerang pelayaran internasional di Laut Merah sejak November. Mereka melakukan serangan itu sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina dalam perang antara Israel dan militan Hamas. AS dan Inggris telah melancarkan serangan balasan sejak Februari. [ka/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG