Tautan-tautan Akses

Ikut Latihan Militer, Upaya Swedia Bergabung dengan NATO


Tentara wajib militer Swedia ikut serta dalam latihan militer "Aurora 23" di lapangan tembak Rinkaby di luar kota Kristianstad, Swedia.
Tentara wajib militer Swedia ikut serta dalam latihan militer "Aurora 23" di lapangan tembak Rinkaby di luar kota Kristianstad, Swedia.

Dengan tembakan dan suara ledakan, marinir Swedia dan Inggris, Senin, menyerbu sebuah pulau di kepulauan Stockholm. Itu bagian dari latihan militer terbesar di negara Skandinavia tersebut dalam hampir 30 tahun.

Latihan selama sebulan yang disebut "Aurora 23" itu, menggabungkan lebih dari 26.000 tentara dari semua cabang militer. Selain itu, 14 negara lain ikut serta.

"Aurora 23" berlangsung sementara Swedia berusaha menjadi anggota penuh aliansi militer NATO.

Kapten Marcus Hember, Komandan HMS Albion mengatakan, “Pada masa-masa sulit, teman lama bekerja sama. Inggris sangat mendukung masuknya Swedia ke NATO dan ini semua adalah bagian dari membangun hubungan kami yang sudah terjalin.”

Swedia dan Finlandia, mendaftar untuk bergabung dengan NATO pada Mei 2022, menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

Finlandia menjadi anggota ke-31 aliansi militer terbesar dunia itu pada 4 April, setelah parlemen nasional dari semua negara anggota NATO meratifikasi keanggotaan negara Nordik itu.

Namun, upaya Swedia bergabung dengan NATO terhambat karena tentangan dari Turki. Presiden Turki mengatakan, negaranya harus terlebih dulu menyelesaikan perselisihan dengan Stockholm.

Perdana Menteri Swedia, Ulf Kristersson, yang menyaksikan latihan pada Senin berharap, kemajuan dapat dicapai setelah pemilu Turki hari Minggu 14 Mei nanti. [ps/ka]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG