Tautan-tautan Akses

Inggris Sambut Keputusan IPC Larang Atlet Rusia di Paralimpiade


Seorang atlet hoki es paralimpiade Rusia berlatih di Beijing, China hari Kamis (3/3).
Seorang atlet hoki es paralimpiade Rusia berlatih di Beijing, China hari Kamis (3/3).

Komite Paralimpik Inggris menyambut baik keputusan Komite Paralimpik Internasional atau International Paralympic Committee (IPC) yang mengeluarkan atlet-atlet Rusia dan Belarus untuk bertarung di Beijing.

“Kami tidak merasa pantas jika atlet Rusia atau Belarus bertanding di Olimpiade. Melihat situasi mengerikan di Ukraina, rasanya tidak pantas bagi para atlet itu untuk bertanding di Paralimpiade,” ujar Phil Smith, Chef de Mission untuk Paralimpiade Inggris di Beijing.

Pihak penyelenggara Paralimpiade Musim Dingin mengubah keputusan awal mereka hari Kamis ini (3/3) seiring meningkatnya ancaman penarikan mundur atlet dan permusuhan di Athletes Village.

Hal ini terjadi kurang dari 24 jam setelah IPC awalnya mengumumkan akan mengijinkan Rusia dan Belarus bersaing ketika Paralimpiade dibuka hari Jumat (4/3), tetapi hanya sebagai atlet netral di mana bendera dan simbol-simbol nasional lainnya harus dihapus karena invasi yang dilakukan ke Ukraina.

Smith mengatakan, “Mereka memahami apa yang diberitahukan setelah keputusan awal itu, dan kemudian membuat keputusan yang menurut kami tepat.” [em/jm]

XS
SM
MD
LG