Tautan-tautan Akses

Iran Panggil Diplomat Senior Ukraina Terkait Komentar Soal Serangan Drone


FILE: Bendera Iran di depan gedung Kementerian Luar Negeri Iran di Teheran, 23 November 2009. (REUTERS/Morteza Nikoubazl)
FILE: Bendera Iran di depan gedung Kementerian Luar Negeri Iran di Teheran, 23 November 2009. (REUTERS/Morteza Nikoubazl)

Iran memanggil kuasa usaha Ukraina di Teheran pada hari Senin (30/1), terkait pernyataan Ukraina mengenai serangan drone di sebuah pabrik militer di Isfahan, provinsi di bagian tengah Iran, menurut kantor berita semiresmi Tasnim.

Di Ukraina, yang menuduh Iran memasok ratusan pesawat nirawak ke Rusia untuk menyerang target sipil di berbagai kota Ukraina yang jauh dari garis depan pertempuran, seorang pembantu senior Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengaitkan insiden itu secara langsung dengan perang di negaranya.

“Malam yang eksplosif di Iran, benar-benar memperingatkan Anda,” cuit Mykhailo Podolyak hari Minggu.

Seorang pejabat AS mengatakan kepada Reuters bahwa Israel tampaknya berada di balik serangan itu.

Iran telah mengaku mengirimkan drone ke Rusia tetapi mereka mengatakan pengiriman itu dilakukan sebelum invasi Moskow terhadap Ukraina tahun lalu. Moskow membantah pasukannya menggunakan drone Iran di Ukraina, meskipun banyak yang telah ditembak jatuh dan ditemukan di sana. [uh/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG