Tautan-tautan Akses

Israel Minta Warganya Tinggalkan Ukraina


Perdana Menteri Israel Naftali Bennett
Perdana Menteri Israel Naftali Bennett

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett hari Minggu (13/2) mendesak warga negaranya untuk meninggalkan Ukraina karena meningkatnya ancaman potensi serangan Rusia.

Dalam pertemuan mingguan kabinet, Bennett mengatakan “sebagaimana seluruh belahan dunia, kami berharap ketegangan akan berakhir tanpa eskalasi, tetapi kewajiban pertama kami adalah menjaga warga Israel.”

Ditambahkannya, Israel telah meningkatkan frekuensi penerbangan dari Ukraina untuk membantu warga negaranya meninggalkan negara itu.

“Saya sekali lagi menyerukan kepada warga Israel di Ukraina: pulanglah! Jangan ambil risiko yang tidak perlu. Jangan menunggu situasi di mana Anda benar-benar ingin kembali tetapi sudah tidak memungkinkan lagi. Tinggalkan Ukraina secepat mungkin dan pulang,” tegasnya.

Beberapa hari terakhir ini pejabat-pejabat intelijen Barat telah memperingatkan semakin dekatnya potensi serangan Rusia ke Ukraina.

Israel telah mulai memulangkan keluarga-keluarga diplomatnya dan mendesak warga negara mereka di Ukraina untuk segera meninggalkan negara itu.

Meskipun demikian Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan kantor Kedutaan Besar Israel di Ukraina akan tetap beroperasi penuh dengan staf diplomatik yang tersisa. [em/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG