Tautan-tautan Akses

Israel Serang Berbagai Sasaran di Dekat Ibu Kota Suriah


Tentara Israel berkumpul di Dataran Tinggi Golan yang dicaplok Israel, di perbatasan dengan Suriah, 27 Februari 2020. (Foto: AFP)
Tentara Israel berkumpul di Dataran Tinggi Golan yang dicaplok Israel, di perbatasan dengan Suriah, 27 Februari 2020. (Foto: AFP)

Seorang tentara Suriah tewas dan lima lainnya terluka dalam serangan Israel di dekat Ibu Kota Damaskus, media pemerintah Suriah melaporkan.

Militer Israel mengatakan mereka menyerang sasaran-sasaran di Suriah tak lama setelah rudal antipesawat ditembakkan dari negara Arab itu ke Israel Utara pada Rabu (9/2) pagi.

Israel mengatakan roket Suriah meledak di udara dan tidak dicegat oleh pertahanan udara Israel. Tetapi roket itu sempat mengaktifkan sirene peringatan di Israel Utara. Tidak ada laporan cedera atau kerusakan di sana.

Dalam pernyataan langka yang mengakui serangan di dalam wilayah Suriah, tentara Israel mengatakan pihaknya menyerang fasilitas Suriah yang digunakan untuk menarget pesawat Israel, termasuk radar dan baterai anti-pesawat.

Kantor berita resmi Suriah SANA melaporkan bahwa Israel menembakkan rudal di sekitar ibu kota Damaskus. Beberapa dari rudal itu ditembak jatuh oleh pertahanan udara.

Israel telah melancarkan ratusan serangan terhadap sasaran di dalam bagian Suriah yang dikuasai pemerintah dalam dekade terakhir perang saudara di negara Arab itu, tetapi pemerintahnya jarang mengakui atau membahas operasi semacam itu. Namun, Israel mengakui bahwa mereka menarget pangkalan milisi sekutu Iran, seperti Hizbullah, yang berperang di pihak pasukan Presiden Suriah Bashar Assad dalam perang saudara di negara itu. [ka/uh]

XS
SM
MD
LG