Tautan-tautan Akses

Jaksa Agung Pecat McCabe Mantan Pejabat Nomor 2 FBI


ARSIP – Wakil Direktur FBI, melakukan konferensi pers di Washington, 20 Juli 2016 (foto: REUTERS/James Lawler Duggan)
ARSIP – Wakil Direktur FBI, melakukan konferensi pers di Washington, 20 Juli 2016 (foto: REUTERS/James Lawler Duggan)

Mantan Wakil Direktur FBI Andrew McCabe telah dipecat - berlaku seketika demikian pernyataan Jaksa Agung AS Jeff Sessions yang dirilis Jumat malam.

"Berdasarkan laporan Inspektur Jenderal, temuan dari Kantor Pertanggungan Jawab Profesional FBI, dan rekomendasi dari pejabat karir senior Departemen Kehakiman, saya menghentikan kepegawaian Andrew McCabe yang berlaku seketika," kata Sessions dalam pernyataan tersebut.

McCabe, yang pernah menjadi pejabat nomor 2 FBI dan secara terbuka dikecam Presiden Donald Trump karena dugaan bias politik dan dilaporkan ingin ia dipecat, mengundurkan diri dari FBI, 30 Januari lalu. Ia sudah merencanakan untuk pensiun hari Minggu -pada hari ulang tahunnya - dengan mendapat tunjangan pensiun penuh. Tapi sekarang setelah dipecat, sebagian atau seluruh tunjangan pensiunnya mungkin menghadapi risiko.

McCabe terseret ke dalam kontroversi beberapa hari sebelum pemilu presiden 2016 ketika istrinya, Jill McCabe, kandidat Demokrat untuk pemilihan anggota Senat Virginia pada tahun 2015, terungkap menerima ratusan ribu dolar sumbangan kampanye dari komite aksi politik yang dikelola oleh teman calon presiden Partai Demokrat Hillary Clinton -Gubernur Virginia ketika itu, Terry McAuliffe.

Trump, yang kemudian menjadi calon presiden dari Partai Republik, menggunakan pengungkapan tersebut untuk mempertanyakan ketidakberpihakan FBI dalam menyelidiki penggunaan server email pribadi Clinton, sebelum FBI menolak mengajukan tuntutan pidana kepada Clinton.

Ketika itu FBI mengatakan McCabe telah berkonsultasi dengan pejabat etika biro dan ia bersama pengacara FBI "menerapkan menyatakan penarikan diri dari semua masalah investigasi FBI yang melibatkan politik Virginia."

Namun kontroversi terus mengikuti McCabe setelah Trump tiba-tiba memecat-Direktur FBI James Comey terkait penyelidikan Rusia bulan Mei 2017, sebuah langkah yang menyebabkan Jaksa Agung mengangkat McCabe menjadi pejabat direktur.

McCabe menanggapi kabar pemecatannya Jumat malam, dengan mengatakan yakin ia "menjadi sasaran" karena hal-hal yang disaksikannya ketika Trump memecat Comey.

McCabe, yang bertugas selama 22 tahun di FBI, memimpin biro itu sampai Agustus ketika Christopher Wray, mantan asisten jaksa agung, dilantik sebagai direktur FBI yang baru. [my/ds]

XS
SM
MD
LG