Tautan-tautan Akses

Jepang Sebut Serangan Pesawat China 'Pelanggaran Berat'


ILUSTRASI - Jet tempur J-15 dari kapal induk Liaoning Angkatan Laut China lepas landas untuk latihan tempur di perairan terbuka yang meliputi Laut Kuning, Laut Timur, dan Pasifik Barat. (Xinhua via AFP)
ILUSTRASI - Jet tempur J-15 dari kapal induk Liaoning Angkatan Laut China lepas landas untuk latihan tempur di perairan terbuka yang meliputi Laut Kuning, Laut Timur, dan Pasifik Barat. (Xinhua via AFP)

Jepang mengecam apa yang disebutnya pada Selasa (27/8) sebagai insiden pertama yang dikonfirmasi di mana pesawat militer China memasuki wilayah udaranya. Tokyo menyebut insiden itu sebagai "pelanggaran serius" terhadap kedaulatannya. Mereka juga menyoroti bahwa Beijing semakin aktif bertindak.

Pengaruh ekonomi dan militer China yang semakin meningkat di kawasan Asia-Pasifik serta sikap agresifnya dalam sengketa wilayah, terutama dengan Filipina, telah mengguncang Amerika Serikat dan sekutunya. Ketegangan di wilayah tersebut juga semakin memanas. Insiden yang terjadi pada Senin menunjukkan eskalasi lebih lanjut.

Jepang, sebagai sekutu utama Amerika Serikat di kawasan tersebut, melaporkan bahwa mereka mengerahkan jet tempur setelah pesawat pengintai Y-9 melakukan serangan selama dua menit pada Senin pagi di lepas pantai Kepulauan Danjo di Laut China Timur.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Lin Jian, menyatakan bahwa Beijing sedang "mengumpulkan informasi dan memverifikasi situasi." Ia menegaskan bahwa China "tidak berniat mengganggu wilayah udara teritorial negara manapun."

ILUSTRASI - Bendera China dan Jepang berkibar di Asian Games di Hangzhou, China, 8 Oktober 2023. (Foto: AP)
ILUSTRASI - Bendera China dan Jepang berkibar di Asian Games di Hangzhou, China, 8 Oktober 2023. (Foto: AP)

Namun, juru bicara pemerintah Jepang, Yoshimasa Hayashi, mengatakan: "Pelanggaran wilayah udara kami oleh pesawat militer China bukan hanya merupakan pelanggaran serius terhadap kedaulatan kami, tetapi juga ancaman terhadap keamanan kami dan sama sekali tidak dapat diterima."

"Kami tidak memberikan jawaban pasti mengenai tujuan tindakan pesawat China tersebut. Namun, aktivitas militer China baru-baru ini di dekat Jepang cenderung meluas dan menjadi semakin aktif," katanya kepada wartawan dalam sebuah pengarahan rutin.

KONFRONTASI

Para analis mengatakan China mungkin sedang menyelidiki jaringan pertahanan udara Jepang. Mereka disebut tengah mencoba mengumpulkan informasi intelijen dan memberikan tekanan pada Tokyo karena negara tersebut memperluas kerja sama pertahanan dengan Amerika Serikat dan negara-negara lain yang khawatir dengan tindakan Beijing.

Harian Jepang Yomiuri Shimbun mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya dari Partai Komunis China, yang mengatakan bahwa serangan tersebut sebagian merupakan "balasan" atas kapal perusak Jepang yang memasuki perairan teritorial China di lepas pantai Provinsi Zhejiang pada Juli.

Kepulauan Danjo, yang tidak berpenghuni, merupakan sekelompok pulau kecil di Laut China Timur, terletak di lepas pantai selatan wilayah Nagasaki, Jepang, dan bukan merupakan wilayah yang disengketakan.

Kapal-kapal Jepang dan China sering terlibat dalam insiden tegang di wilayah lain, terutama di pulau-pulau terpencil Senkaku di Laut Cina Timur, yang juga diklaim oleh Beijing dengan nama Diaoyu.

Tokyo melaporkan kehadiran kapal penjaga pantai China, kapal angkatan laut, dan bahkan kapal selam bertenaga nuklir di wilayah tersebut. Selain itu, telah terjadi serangkaian konfrontasi antara kapal penjaga pantai Jepang dan kapal penangkap ikan China.

Menurut penyiar Jepang NHK, wilayah udara dekat kepulauan Senkaku diserbu oleh dua pesawat nonmiliter dari China — sebuah pesawat nirawak kecil dan sebuah pesawat bertenaga baling-baling — pada 2012 dan 2017. [ah/es]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG