Tautan-tautan Akses

Joe Biden Belum Tentu Calonkan Diri Lagi untuk Pilpres 2024


Presiden AS Joe Biden berbicara tentang lapangan pekerjaan manufaktur dan ekonomi di pabrik chip komputer di Bay City, Michigan, 29 November 2022 lalu (foto: ilustrasi).
Presiden AS Joe Biden berbicara tentang lapangan pekerjaan manufaktur dan ekonomi di pabrik chip komputer di Bay City, Michigan, 29 November 2022 lalu (foto: ilustrasi).

Presiden Joe Biden mengatakan bahwa ia akan berdiskusi dulu dengan keluarga sebelum memutuskan apakah akan mencalonkan diri atau tidak untuk masa jabatan kedua dalam pemilu 2024. Pejabat-pejabat Gedung Putih dan Partai Demokrat mengatakan hampir pasti dia akan mencalonkan diri lagi.

Terlepas dari jumlah pemilih yang datang ke tempat-tempat pemungutan suara, hasil pemilu di county Prince George di Maryland bisa diprediksi. Demokrat hampir selalu menang di daerah setingkat kabupaten itu dengan mayoritas penduduk kulit hitam terbesar di Amerika Serikat.

Eksekutif county, 11 anggota dewan county, sherif, panitera pengadilan, dan hampir dua lusin anggota parlemen dari county tersebut yang duduk dalam majelis umum negara bagian, “semua Demokrat,” kata ketua Komisi Pusat Demokrat county tersebut, Kent Roberson.

“Tidak ada anggota partai Republik, yang menurut saya akan mampu menang di county Prince George,” ujarnya.

Wakil ketua Partai Republik di Prince George, Jim Wass, setuju. “Seumur hidup saya, tidak ada. Umur saya sekarang 70 tahun. Jadi, Maryland lebih condong ke Demokrat - tentu saja juga county ini, selama bertahun-tahun saya berada di sini.”

Tidak berarti Partai Republik di sana harus menyerah dan tidak ikut memberikan suara dalam pemilihan umum, kata Wass. “Suatu ketika suara Republik akan menentukan. Dan jika mereka tidak ada, maka suara Republik tidak akan bermakna.”

Yang penting bagi banyak pemilih dari kedua partai adalah bahwa Biden, yang menjadi presiden tertua Amerika, akan berusia 86 tahun kalau dia menyelesaikan masa jabatan kedua. Tetapi di county ini di mana dia terdepan dalam jajak pendapat pada 2016, apakah ia mampu mengalahkan semua pesaing dalam pemilu pendahuluan pada 2024?

Kent Roberson mengatakan, “Saya tidak yakin orang akan mendukungnya begitu saja. Kalau melihat popularitasnya yang rendah, menurut saya, bukan hanya semua orang partai Republik yang merasa seperti itu, tetapi juga Demokrat. Dan terlepas dari pendapat saya tentang presiden dan keberhasilannya, menurut saya, kami juga menyadari bahwa orang-orang prihatin bahwa dia mungkin bukan orang yang akan terus menjabat selama empat tahun lagi.”

Seperti tampak di distrik-distrik lain yang dikuasai Demokrat di seluruh Amerika, partai Demokrat di county Prince George tidak monolitik. Demokrat secara individual memakai label berbeda: progresif, moderat, liberal atau konservatif. Pada 2016, Biden berhasil menyatukan mereka karena mereka tidak mau Donald Trump dari Partai Republik terpilih kembali.

“Kita semua mampu menepiskan segala perbedaan dan bekerja sama. Tetapi kita juga akan melihat di mana sebagian dari orang-orang itu berpendapat bahwa perlu kandidat yang berbeda untuk maju menjadi pemimpin. Dan itu sudah pasti juga akan memengaruhi pendapat orang apakah Presiden Biden sebaiknya terus menjabat atau tidak,” tambahnya.

Joe Biden Belum Tentu Calonkan Diri Lagi untuk Pilpres 2024
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:05:07 0:00

Diminta untuk menilai kandidat lain yang berpotensi, pejabat lokal Partai Republik Wass mengatakan Gubernur California Gavin Newsom, 55, mungkin menarik untuk para Demokrat di Prince George. Daya tariknya malah mungkin lebih besar daripada daya tarik Biden.

"Orang seperti Gavin Newsom mungkin cocok dengan mentalitas Demokrat di Prince George."

Satu-satunya presiden terpilih dari partai Demokrat dalam sejarah Amerika yang tidak mendapat nominasi partai untuk masa jabatan kedua adalah Franklin Pierce pada 1856. Kala itu yang menjadi keprihatinan adalah kebijakan presiden, bukan usianya. [ka/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG