Tautan-tautan Akses

Kasus Covid-19 Melonjak di AS, Penggunaan Masker Makin Dianjurkan


Presiden AS Donald Trump mengenakan masker saat mengunjungi Walter Reed National Military Medical Center di Bethesda, Maryland (11/7).
Presiden AS Donald Trump mengenakan masker saat mengunjungi Walter Reed National Military Medical Center di Bethesda, Maryland (11/7).

Dengan lebih dari 3 juta kasus dan 37.000 lebih kematian, COVID-19 menjadi ancaman besar di Amerika sementara jumlah infeksi baru terus meningkat.

Di Elkhart Lake, Wisconsin, ribuan penggemar balap mobil IndyCar berkumpul dalam acara pertama yang ditonton publik, sejak virus corona menutup jalur-jalur balap di seluruh AS.

Penggunaan masker di acara itu disarankan namun tidak wajib.

Pebalap Matt Berg mengatakan, “Elkhart Lake adalah salah satu jalur balap terbaik di dunia. Jadi mereka mengambil tindakan berjaga-jaga, semua orang berhati-hati, saya tidak khawatir untuk pergi menonton."

Jim Cossaart mengatakan, "Seluruh staf dan para pebalap mengenakan masker, tapi saya kira para penggemar kurang memahami hal itu."

Di Florida, salah satu negara bagian di AS yang mengalami lonjakan kasus COVID-19, resor DisneyWorld yang popular, dibuka kembali bagi pengunjung untuk pertama kalinya setelah beberapa bulan ditutup dengan mewajibkan penggunaan masker di sebagian besar area taman hiburan itu.

Laksamana Brett Giroir, Wakil Menteri Kesehatan mengatakan, "Berdasarkan data yang kita miliki sekarang, tidak ada dampak buruknya memakai masker."

Brett Giroir menekankan masker bisa mencegah penyebaran virus lebih lanjut, terutama di daerah-daerah di mana COVID-19 sedang meningkat.

Setelah berminggu-minggu menolak, Presiden Donald Trump untuk pertama kalinya mengenakan masker di depan umum ketika mengunjungi petugas layanan kesehatan dan pekerja perawatan kesehatan di Walter Reed Army Medical Center di pinggiran kota Washington DC.

"Saya rasa ketika kita berada di rumah sakit, terutama di tempat khusus di mana kita berbicara dengan banyak tentara dan orang yang baru saja keluar ruang operasi. Saya kira ini hari yang tepat untuk menggunakan masker. Saya tidak pernah menentang penggunaan masker melainkan berpendapat ada waktu dan tempatnya untuk itu," ujar Trump.

Dalam sesi tanya jawab online dari kediamannya di 10 Downing Street di London, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengisyaratkan pembatasan ketat di seluruh Inggris sementara undang-undang baru di Skotlandia mewajibkan penggunaan masker di toko-toko.

“Tapi penutup muka ya, kita semakin yakin harus sangat tegas di tempat-tempat, di tempat-tempat tertutup dimana kita bertemu orang-orang yang biasanya tidak mengadakan kontak dengan kita; transportasi, toko, gunakan penutup muka,” kata Johnson.

Para ahli medis mengatakan memakai masker bukan satu-satunya langkah penting yang bisa menghentikan penyebaran infeksi.

Wakil menteri kesehatan AS mengatakan orang harus berhenti ke bar, mengurangi kapasitas restoran dan menjaga jarak fisik, mengenakan masker di tempat umum dan mencuci tangan.

Wakil menteri kesehatan dan pejabat kesehatan lainnya di seluruh Amerika Serikat berharap langkah-langkah itu akan mengekang infeksi di AS yang mencatat rekor harian umumnya kasus baru COVID-19 beberapa kali selama minggu lalu. [my/jm]

XS
SM
MD
LG