Tautan-tautan Akses

Pejabat Kesehatan AS Anjurkan Semua Orang Kenakan Masker


Satu keluarga mengenakan masker saat berjalan-jalan di Miami Beach, Florida, 29 Juni 2020.
Satu keluarga mengenakan masker saat berjalan-jalan di Miami Beach, Florida, 29 Juni 2020.

Pejabat tinggi kesehatan AS mendesak semua orang untuk mengenakan masker ketika berada di tempat umum guna mencegah penyebaran Covid-19, tapi dia tak menyebut soal perlu atau tidaknya mandat nasional.

Kepala Korps Kesehatan Masyarakat AS Jerome Adams mengatakan kepada stasiun TV CBS, Minggu (12/7), bahwa orang-orang harus teredukasi soal kenapa penting menutupi wajah dan tidak merasa disuruh.

"Saya ingin orang-orang sadar kenapa mereka harus mengenakan penutup wajah, dan mereka semakin bersedia melakukannya, dan mereka akan cenderung melakukannya ketika tidak diawasi, ini penting," kata Adams.

Dia menyampaikan hal itu sehari setelah Presiden Donald Trump terlihat mengenakan masker di tempat umum untuk pertama kalinya.

Dr. Adams mengatakan pemerintahan Trump bekerja keras untuk meralat pesan awal mengenai masker, yaitu bahwa masker tidak diperlukan.

Trump sendiri terkesan bimbang. Dia pernah mengejek mereka yang mengenakan masker, tapi juga mengatakan dia merasa tak ada yang salah dengan masker.

Dia terlihat mengenakan masker pada Sabtu (11/7) ketika mengunjungi Rumah Sakit Militer Nasional Walter Reed. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG