Tautan-tautan Akses

Kebakaran Semak di California Selatan Lalap Ratusan Hektare Lahan


Petugas pemadam kebakaran berjuang melawan kebakaran Boyles di Clearlake, California, Minggu, 8 September 2024. (Noah Berger/AP)
Petugas pemadam kebakaran berjuang melawan kebakaran Boyles di Clearlake, California, Minggu, 8 September 2024. (Noah Berger/AP)

Kebakaran semak yang terjadi bagian selatan California, Senin (9/9) telah dengan cepat meluas ke ratusan hektare lahan dan memicu dikeluarkannya perintah evakuasi wajib.

Stasiun televisi KABC yang berbasis di Los Angeles mengatakan para petugas dari kantor polisi setempat mendatangi rumah-rumah di Trabuco Canyon untuk memberlakukan perintah tersebut.

Sejumlah petugas pemadam menggunakan pesawat udara, helikopter dan buldoser untuk memadamkan kobaran api yang menjalar cepat di dekat sebuah bandara untuk pesawat yang dikendalikan dari jarak jauh di Orange County, di sebelah tenggara Los Angeles.

KABC mengatakan kebakaran di bandara itu disebabkan oleh percikan api dari peralatan berat yang digunakan para petugas pekerjaan umum untuk mendirikan barikade ke area dengan vegetasi kering.

Sementara itu, kebakaran hutan di sebelah timur Los Angeles akibat suhu panas menyengat selama berhari-hari terakhir ini juga terus meluas.

Ribuan rumah dan bangunan komersial terancam hangus sewaktu kebakaran yang disebut “Line Fire” itu terjadi di pinggiran kawasan Hutan Nasional San Bernardino, sekitar 105 kilometer sebelah timur Los Angeles.

Hingga Senin pagi, kebakaran tersebut telah menghanguskan sekitar 83 kilometer persegi kawasan rumput dan semak, dan menyelimuti area itu dengan gumpalan asap hitam tebal. Sejauh ini baru tiga persen kebakaran yang dapat ditanggulangi. [uh/em]

Forum

XS
SM
MD
LG