Tautan-tautan Akses

Keberatan Prasyarat AS, Trudeau Tolak Bertemu Trump


Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berbicara dihadapan the Economic Club of New York di New York, 17 Mei 2018.
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berbicara dihadapan the Economic Club of New York di New York, 17 Mei 2018.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan, Kamis (31/5), membatalkan rencana kunjungan ke Amerika untuk merampungkan perjanjian perdagangan bebas atau NAFTA yang baru dengan Presiden Donald Trump karena keberatan dengan prasyarat yang ditetapkan oleh Trump.

Presiden Amerika itu ingin menetapkan masa berlaku perjanjian itu hanya selama lima tahun.

Trudeau minggu lalu menawarkan akan datang ke Washington untuk menyelesaikan perundingan NAFTA itu, tapi wakil presiden Amerika Mike Pence menelponnya dan mengatakan pertemuan dengan Trump hanya akan terjadi apabila Trudeau setuju untuk menambahkan pasal tambahan tentang masa berlakunya perjanjian itu.

Trudeau mengatakan, menurut kantor berita Associated Press, ia tidak jadi datang ke Washington karena persyaratan itu “sama sekali tidak bisa diterima.” Ia menyampaikan komentar itu ketika menjelaskan tanggapan Kanada atas pengenaan bea impor baja dan aluminium oleh Amerika.

Kamis (31/5) malam, Presiden Trump menjawab komentar Trudeau itu dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Gedung Putih. “Sebelumnya hari ini, ada pesan yang disampaikan kepada Perdana Menteri Justin Trudeau dari Kanada yang berbunyi: Amerika akan setuju dengan perjanjian (perdagangan) yang adil, kalau tidak, tidak akan ada perjanjian sama sekali.” [ii]

XS
SM
MD
LG