Tautan-tautan Akses

Kecelakaan Rombongan Pengiring di Milwaukee, Cawapres Partai Demokrat Tim Walz Selamat 


Cawapres Partai Demokrat, Tim Walz, berbicara dalam kampaney di Milwaukee, pada 2 September 2024. (Foto: AP/Morry Gash)
Cawapres Partai Demokrat, Tim Walz, berbicara dalam kampaney di Milwaukee, pada 2 September 2024. (Foto: AP/Morry Gash)

Beberapa mobil van di belakang iring-iringan mobil yang membawa calon wakil presiden dari Partai Demokrat, Tim Walz, mengalami kecelakaan di jalan raya, dalam perjalanan dari bandara menuju tempat pemberhentian kampanye di Milwaukee pada Senin (2/9). Namun Walz tidak mengalami cedera.

Presiden Joe Biden menelepon dari Air Force One dan berbicara dengan Walz beberapa saat setelah mendapat kabar itu, ketika presiden sedang dalam perjalanan ke lokasi kampanye terpisah di Pittsburgh dengan Wakil Presiden Kamala Harris.

Harris sendiri berkampanye di Detroit sebelum bergerak menuju ke acara bersama dengan Biden pada hari yang sama. Tim kampanyenya mengatakan Harris juga telah berbicara dengan Walz melalui telepon setelah kecelakaan itu.

Tim kampanye Harris mengatakan kecelakaan itu melibatkan kendaraan yang berada di dekat bagian belakang iring-iringan mobil.

Walz, yang juga merupakan Gubernur Minnesota, mengendarai mobil lebih ke depan. Gambar-gambar yang diposting di media sosial menunjukkan mobil van penumpang besar dengan bagian depan dan belakang yang penyok setelah tabrakan di area Interstate 794.

Gedung Putih mengatakan Harris telah diberi informasi tentang kecelakaan tersebut dan berbicara dengan Walz untuk mengecek keadaannya dan para staf.

Saat tiba di lokasi acaranya, Walz berbicara singkat tentang kecelakaan itu dengan mengatakan, “beberapa staf saya dan anggota pers yang melakukan perjalanan bersama kami terlibat dalam kecelakaan lalu lintas dalam perjalanan ke sini hari ini.”

“Kami telah berbicara dengan para staf. Saya lega untuk mengatakan bahwa dengan beberapa cedera ringan, semua orang akan baik-baik saja,” tambah Walz.

“Presiden Biden dan Wakil Presiden Harris menelepon untuk mengecek, dan kami sangat menghargai kepedulian mereka, dan saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Paspampres AS dan semua petugas tanggap darurat atas reaksi cepat mereka.”

Belum jelas apa yang menyebabkan kecelakaan yang terjadi sesaat sebelum pukul satu waktu setempat dan menyebabkan beberapa korban luka ringan.

Seorang wartawan yang ikut dalam iring-iringan mobil Walz melaporkan seorang anggota staf pool keliling, yang berada di dalam van yang membawa wartawan, mengalami luka di lengannya dan dirawat oleh petugas medis. Ia menambahkan bahwa beberapa penumpang “terlempar dengan keras ke depan, saat van kami menabrak van yang ada di depan dan kemudian ditabrak dari belakang.”

Walz dan iring-iringan mobilnya berhenti di rumah sakit beberapa jam setelah kecelakaan itu agar ia dapat memeriksa para staf yang cedera.

Mobil van yang membawa para wartawan tetap menepi di sisi jalan selama beberapa menit setelah insiden berlangsung.

Beberapa wartawan mengalami luka gores dan memar, dan satu orang cedera di bagian hidung hingga berdarah. Seorang lainnya dikhawatirkan mengalami gegar otak dan pada awalnya ingin dibawa ke rumah sakit, tetapi akhirnya naik ke mobil van baru untuk menemani para awak media yang lain ke acara tersebut.

Kecelakaan itu terjadi setelah Walz dan istrinya, Gwen, disambut di bandara oleh anggota parlemen dari Partai Demokrat, Gwen Moore dari Wisconsin. Ketiganya berpelukan, mengobrol, dan berpose untuk berfoto sebelum iring-iringan mobil mulai menuju ke acara tersebut.

Untuk pertama kalinya dalam kampanye yang bertepatan dengan Hari Buruh itu, Walz menggunakan pesawat sewaan yang bertuliskan huruf besar “Harris-Walz, A New Way Forward.” [em/ns]

Forum

XS
SM
MD
LG