Tautan-tautan Akses

Kepala Staf Dephan AS Mengundurkan Diri


Laksamana Muda Kevin Sweeney saat menaiki pesawat Perancis di Teluk Oman dalam operasi gabungan AS-Perancis, Januari 2014.
Laksamana Muda Kevin Sweeney saat menaiki pesawat Perancis di Teluk Oman dalam operasi gabungan AS-Perancis, Januari 2014.

Laksamana Muda Kevin Sweeney, kepala staf untuk menteri pertahanan, mengundurkan diri, menurut pernyataan Departemen Pertahanan yang dirilis Sabtu (5/1).

Sweeney telah memegang jabatan itu sejak Januari 2017.

"Setelah dua tahun di Pentagon, Saya memutuskan sekarang waktu yang tepat untuk kembali ke sektor swasta. Sebuah kehormatan bagi saya untuk mengabdi bersama para laki-laki dan perempuan di Departemen Pertahanan," kata Sweeney dalam pernyataan.

Pengunduran dirinya adalah yang terbaru dari Departemen Pertahanan.

Menteri Pertahanan James Mattis, atasan Sweeney, telah mengumumkan pengunduran dirinya pada Desember dan meninggalkan jabatannya awal bulan ini.

Mattis mengumumkan pengunduran dirinya akhir Desember, tidak lama setelah Presiden Donald Trump mengatakan AS akan menarik sekitar 2.000 tentara dari Suriah. Dalam suratnya, tanpa menyebut nama 'Trump', Mattis menguraikan perbedaan tajam antara sikapnya dengan sikap presiden, terutama tentang pentingnya aliansi dan penggunaan kekuatan AS. [vm]

XS
SM
MD
LG