Tautan-tautan Akses

Koko, Gorila yang Paham Bahasa Isyarat, Meninggal di California


Koko mengadopsi dua anak kucing di ulang tahunnya yang ke-44 – Nn. Gray dan Nn. Black. Ia merawat dan melindungi keduanya seolah-olah mereka anaknya sendiri (foto: Gorilla Foundation)
Koko mengadopsi dua anak kucing di ulang tahunnya yang ke-44 – Nn. Gray dan Nn. Black. Ia merawat dan melindungi keduanya seolah-olah mereka anaknya sendiri (foto: Gorilla Foundation)

Koko, gorila betina yang berasal dari Afrika Tengah dan dilaporkan menguasai bahasa isyarat Amerika, meninggal dalam usia 46 tahun, lembaga yang mempelajari hewan itu mengatakan hari Kamis.

“Yayasan Gorila” dengan sedih mengumumkan kematian Koko yang kita sayangi,” kata pusat riset itu dalam sebuah pernyataan. Koko meninggal dalam tidurnya.

Koko adalah salah seekor primata yang bisa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa isyarat. Primata lainnya yang punya kemampuan itu adalah Washoe, simpanse betina di negara bagian Washington, dan Chantek, orangutan jantan di Atlanta.

Kata para pengasuhnya, Koko juga mengerti sedikit bahasa Inggris. Walaupun sebagian pakar mempertanyakan kepandaian Koko menggunakan bahasa isyarat, gorila itu dianggap telah menjadi “dutabesar” bagi jenisnya, yang terancam oleh usaha penebangan kayu dan penangkapan hewan secara liar.

Yayasan Gorila mengatakan Koko telah menyentuh kehidupan jutaan orang dan menjadi ikon bagi “komunikasi antar-spesies” dan “empati”.

Koko lahir di Kebun Binatang San Francisco tanggal 4 Juli tahun 1971 dan diberi nama Hanabi-ko, yang dalam bahasa Jepang berarti “Anak Kembang Api”, karena hari kemerdekaan Amerika itu biasanya dirayakan dengan pesta kembang api.

Gorila itu pernah muncul dalam berbagai film dokumenter dan tampil sebagai foto halaman muka majalah National Geographic dua kali. Salah satu dari dua foto itu dibuat oleh Koko sendiri dengan menggunakan cermin.

Dalam tahun 1998, Koko ikut berkomunikasi lewat internet dan disebut sebagai “chat antar-spesies” yang pertama. Koko mengatakan “saya suka minuman” lewat seorang penerjemah yang diteruskan kepada puluhan ribu peserta chat internet. [ii]

XS
SM
MD
LG