Tautan-tautan Akses

Laporan: Penyabot Ukraina Dilaporkan Berada di Balik Serangan di Rusia


Tim investigasi tampak memeriksa lokasi jatuhnya drone asal Ukraina di Krasnogorsk, di luar Kota Moscow, Rusia, pada 22 Agustus 2023. (Foto: Moscow News Agency via AP)
Tim investigasi tampak memeriksa lokasi jatuhnya drone asal Ukraina di Krasnogorsk, di luar Kota Moscow, Rusia, pada 22 Agustus 2023. (Foto: Moscow News Agency via AP)

Dua outlet berita Ukraina melaporkan pada Selasa (22/8) bahwa penyabot Ukraina bertanggung jawab atas serangan yang terjadi pada Sabtu (19/8) dan Senin (21/8) yang menghancurkan dua pesawat pembom Rusia dan merusak dua pesawat lainnya di dua pangkalan udara jauh di dalam wilayah Rusia.

Serangan tersebut terjadi pada hari Sabtu di pangkalan udara Soltsy di barat laut Rusia, sekitar 700 kilometer arah utara dari perbatasan Ukraina, dan pada hari Senin di pangkalan udara Shaikovka yang terletak sekitar 300 kilometer arah timur laut dari perbatasan Ukraina. Associated Press tidak dapat memverifikasi klaim tersebut secara independen di lapangan.

Namun, Kementerian Pertahanan Rusia mengakui bahwa serangan terhadap Soltsy merusak satu pesawat, lapor Associated Press. Mereka tidak mengomentari laporan mengenai serangan terhadap Shaikovka, tetapi serangan itu dikomentari oleh media Rusia.

Gambar satelit dari Planet Labs yang dianalisis oleh Associated Press menunjukkan apa yang tampak seperti 10 pesawat pembom jarak jauh Tupolev Tu-22M yang diparkir di pangkalan udara Soltsy pada 16 Agustus lalu. Pada hari Senin, dua hari setelah serangan itu, semua pesawat pembom telah meninggalkan pangkalan udara itu. Sebuah titik hitam besar terlihat di tempat salah satu area Tupolev diparkir.

Foto-foto yang diklaim berasal dari pangkalan udara Soltsy dan diterbitkan oleh media Rusia dan Ukraina menunjukkan sebuah pesawat pembom Tu-22M Rusia terbakar di sana setelah serangan tersebut.

Di tempat lain, artileri Rusia menewaskan tiga orang di wilayah Ukraina timur pada Selasa (22/8), kata pemerintah setempat pada Selasa malam.

Dua desa dekat kota Lyman dihantam serangan, menewaskan dua orang perempuan dan seorang pria, berusia 63 hingga 88 tahun. Ketiganya sedang duduk bersama di bangku ketika serangan terjadi.

Secara terpisah, empat orang terluka dalam serangan yang menggunakan dua drone peledak di sebuah desa di Ukraina timur laut dekat perbatasan Rusia, kata para pejabat militer.

Sebelumnya pada Selasa, Rusia mengatakan pertahanan udaranya menembak jatuh drone Ukraina di wilayah Moskow dan wilayah Bryansk di dekat perbatasan kedua negara. [lt/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG