Tautan-tautan Akses

London Luncurkan Program "Booster Polio" untuk Anak-anak


Seorang anak balita menangis saat menerima suntikan vaksin polio di sebuah rumah sakit (foto: ilustrasi).
Seorang anak balita menangis saat menerima suntikan vaksin polio di sebuah rumah sakit (foto: ilustrasi).

Anak-anak usia satu hingga sembilan tahun di London akan disuntik booster atau dosis tambahan untuk melawan virus polio. Program vaksinasi dadakan itu diluncurkan setelah Badan Keamanan Kesehatan Inggris mencatat jejak virus itu yang lebih banyak dalam air limbah di ibu kota Inggris tersebut.

Virus polio menyebabkan polio, penyakit yang mengancam nyawa dan melumpuhkan. Sebagian partikel virus itu baru-baru ini ditemukan di London dalam sistem pembuangan limbah.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengatakan, mereka telah mengidentifikasi 116 virus polio di London timur laut dan tengah sejak Februari. Ini menjadi sumber kekhawatiran para pejabat, meskipun belum ada kasus yang tercatat.

Kepala Imunisasi Badan Keamanan Kesehatan Inggris, Mary Ramsay, mengatakan, "Sebagian sampel yang kami temukan dalam limbah itu telah menunjukkan bukti adanya mutasi dari virus vaksin yang asli. Dari waktu ke waktu, virus dari vaksin itu terus bermutasi. Dan khawatirnya adalah virus itu kini berpotensi bertindak seperti polio itu sendiri, yang akan menyebabkan kelumpuhan."

Itu sebabnya Komite Bersama untuk Vaksinasi dan Imunisasi (JCVI) mengumumkan program dosis booster. Progam itu juga untuk mengerjakan ketertinggalan vaksinasi pada semua anak usia satu sampai sembilan tahun.

Dalam enam minggu ke depan, dokter akan menghubungi keluarga kalau tiba giliran anak mereka menerima vaksinasi.

Di Eropa, polio telah diberantas 20 tahun lalu setelah kampanye vaksinasi yang berhasil.

Tingkat vaksinasi yang lebih rendah di London daripada di bagian lain negara itu, membuat para pakar khawatir.

Keragu-raguan terhadap vaksin adalah kendala utama yang harus diatasi oleh dokter-dokter umum.

Seorang ibu mengungkapkan bahwa dia tidak terlalu nyaman karena para dokter tidak memberi informasi yang cukup tentang dampak vaksin itu pada anak atau pada orang tua. Ia khawatir jika terjadi efek samping pada anaknya, ia tidak memiliki akses penuh ke praktik dokter umum karena para dokter sangat kekurangan staf dan sangat kekurangan dana.

London Luncurkan Program Booster Polio untuk Anak-anak
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:05 0:00

Seorang ibu lain berpendapat, sudah terlalu banyak vaksin bagi anak-anak. Ibu empat anak itu dengan terus terang mengakui bahwa ia belum pernah mendengar apa pun tentang polio.

Situasi itu mengkhawatirkan bagi para dokter umum, yang bersikukuh bahwa vaksinasi adalah satu-satunya solusi.

Seorang dokter umum, Natalie Rout mengatakan, “Vaksin adalah perlindungan terbaik terhadap polio yang bisa kita miliki karena tidak ada obat untuk polio. Jadi, lebih baik perawatan pencegahan dengan vaksinasi.” [ka/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG