Tautan-tautan Akses

Mantan Presiden Korsel Keluar dari Rumah Sakit


Mantan Presiden Korea Selatan Park Geun-hye meninggalkan Samsung Medical Center menuju sebuah rumah di Seoul, Korea Selatan, Kamis, 24 Maret 2022. (AP/Lee Jin-man)
Mantan Presiden Korea Selatan Park Geun-hye meninggalkan Samsung Medical Center menuju sebuah rumah di Seoul, Korea Selatan, Kamis, 24 Maret 2022. (AP/Lee Jin-man)

Mantan presiden Korea Selatan Park Geun-hye meninggalkan rumah sakit, Kamis (24/3), tiga bulan setelah ia dibebaskan dari penjara menyusul pengampunan atas perannya dalam salah satu kasus korupsi terbesar di negara itu.

Sejak pengampunan Desember lalu, Park yang berusia 70 tahun telah menjalani rawat inap di Samsung Medical Center di Seoul, karena nyeri bahu, masalah gigi dan stres, kata media-media setempat. Ia telah menjalani seperempat dari 22 hukuman penjaranya karena penyalahgunaan kekuasaan, penyuapan, pelanggaran undang-undang pemilu.

Pembebasannya dilakukan kurang dari dua bulan menjelang pelantikan presiden terpilih baru di negara itu, Yoon Suk-yeol. Yoon, seorang tokoh konservatif, adalah mantan jaksa agung, dan ia memainkan peran kunci dalam menghukum Park.

Park terlihat tersenyum ketika meninggalkan rumah sakit, dengan mengenakan mantel biru tua dan membawa dompet. "Kesehatan saya telah membaik dengan cepat berkat perhatian Anda," katanya kepada para pendukungnya.

Park adalah putri mendiang diktator Park Chung-hee, yang memerintah negara itu dengan tangan besi dari tahun 1961 hingga 1979. Ia menjadi presiden perempuan pertama Korea Selatan pada tahun 2013, dengan memposisikan dirinya sebagai putri bangsa yang tidak terikat pada siapa pun. Kurang dari empat tahun kemudian, ia dimakzulkan dan digulingkan.

Skandal korupsi mengungkap hubungan gelap antara bisnis besar dan politik di Korea Selatan. Park dan teman dekatnya, Choi Soon-sil, dituduh menerima suap dari konglomerat, termasuk pemilik Samsung Electronics, dengan imbalan perlakuan istimewa. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG