Tautan-tautan Akses

Mantan Runner Up “American Idol” Clay Aiken Kembali Bertarung untuk Kursi di Kongres


Penyanyi Clay Aiken tampil dalam acara American Idol musim terkahir di Los Angeles, pada 7 April 2016. Aiken mengumumkan bahwa ia akan kembali bertarung memperebutkan kursi kongres di negara bagian North Carolina. (Foto: Invision/AP/Matt Sayles)
Penyanyi Clay Aiken tampil dalam acara American Idol musim terkahir di Los Angeles, pada 7 April 2016. Aiken mengumumkan bahwa ia akan kembali bertarung memperebutkan kursi kongres di negara bagian North Carolina. (Foto: Invision/AP/Matt Sayles)

Mantan runner up “American Idol” Clay Aiken, pada Senin (10/1), mengumumkan akan kembali bertarung untuk memperebutkan kursi di Kongres di negara bagian North Carolina. Kali ini ia berupaya menggantikan anggota DPR David Price yang akan pensiun.

Dalam video pengumuman pencalonan dirinya untuk wilayah Distrik ke-6 itu, Aiken mengatakan ia siap bertarung dengan calon-calon lain untuk memperebutkan kursi bagi Partai Demokrat, yang sudah ditangguhkan dari bulan Maret hingga bulan Mei karena masalah litigasi.

Setelah menjadi pemenang kedua dalam “American Idol” pada 2003, Aiken, yang berusia 43 tahun, tidak saja berkarir di bidang musik, teater dan tampil dalam reality shows, tetapi ia juga terlibat kegiatan sosial dan politik.

“Halo semuanya, sudah lama sejak terkahir kali kita bertemu. Saya tahu saya kelihatan sedikit berbeda sekarang, tetapi kita pernah bersama-sama sebelumnya,” ujar Aiken dalam petikan video itu.

Penyanyi Clay Aiken tampil dalam acara pembukaan pertunjukkan Broadway "Misery" di New York, pada 15 November 2015. (Foto: Invision/AP/Greg Allen)
Penyanyi Clay Aiken tampil dalam acara pembukaan pertunjukkan Broadway "Misery" di New York, pada 15 November 2015. (Foto: Invision/AP/Greg Allen)

Aiken memenangkan nominasi Partai Demokrat untuk distrik yang sebagian besar terdiri dari pedesaan pada 2014, mengungguli kandidat Keith Crisco, mantan menteri perdagangan di negara bagian tersebut. Namun ia kalah dalam pemilu dari kandidat petahana dari Partai Republik Renee Ellmers. Ketika itu Aiken hanya meraih 41 persen suara.

Distrik ke-6 yang menjadi wilayah pertarungan Aiken saat ini didominasi oleh Partai Demokrat. Wilayah tersebut mencakup kabupaten Orange dan Durham di mana terdapat Universitas North Carolina di Chapel Hill dan Univesitas Duke, serta area Wake County yang sangat makmur.

Area the Research Triangle Parkm yang menajdi rumah bagi lembaga dan perusahaan-perusahaan di bidan sains dan teknologi, juga berada di dalam cakupan wilayah Distrik ke-6 di mana David Price telah menjabat sebagai anggota DPR di wilayah tersebut sejak tahun 1987.

Aiken, yang dibesarkan di North Carolina dan sekarang tinggal di Raleigh, mengatakan akan bekerja keras mempromosikan kondisi yang inklusif, menyediakan perawatan kesehatan gratis berkualitas tinggi dan memerangi perubahan iklim.

Pemenang utama Distrik ke-6 ini hampir dapat dipastikan akan memenangkan pemilu.

Jika memenangkan pemilu sela pada November mendatang, Aiken akan menjadi orang dari wilayah Selatan pertama, yang terbuka akan statusnya sebagai bagian dari kelompok LGBTQ, terpilih ke Kongres.

Ia mengatakan akan menjadi penyeimbang dalam politik negara bagian itu terhadap kelompok garis keras Partai Republik, seperti Letnan Gubernur Mark Robinson dan anggota DPR Madison Cawthorn. Banyak anggota Partai Demokrat telah meminta agar Robinson mengundurkan diri karena pernyataan-pernyataannya tentang pendidikan seks di sekolah, yang menurut sebagian kritikus meremehkan keberadaan orang-orang LGBTQ.

Dalam wawancara pada Senin (10/1), pakar politik di Meredith College, Prof. David McLennan mengatakan status selebriti Aiken tidak sekuat delapan tahun lalu. Ia belum pernah terpilih untuk menjabat di kantor pemerintahan sebelumnya. Tetapi Aiken terbukti menjadi kandidat yang kredibel pada 2014 dan dapat menarik keuntungan dari upaya menghubungkan dirinya dengan David Price.

Dua peraih suara teratas akan maju ke putaran kedua jika kandidat utama tidak memiliki lebih dari 30 persen suara dalam pemilihan nanti. [em/jm]

XS
SM
MD
LG