Tautan-tautan Akses

Militer Israel: Rudal dari Yaman Jatuh di Israel Tengah


Seorang polisi memeriksa area kebakaran setelah militer menembakkan pencegat ke rudal dari Yaman yang jatuh di Israel tengah pada 15 September 2024. (Foto: AP)
Seorang polisi memeriksa area kebakaran setelah militer menembakkan pencegat ke rudal dari Yaman yang jatuh di Israel tengah pada 15 September 2024. (Foto: AP)

Militer Israel mengatakan rudal yang ditembakkan dari Yaman melintasi wilayah Israel tengah pada Minggu (15/9) dan "jatuh di area terbuka".

Militer menyatakan bahwa "rudal darat-ke-darat terdeteksi melintasi wilayah tengah Israel dari arah Timur dan jatuh di area terbuka. Tidak ada laporan mengenai korban tewas atau cedera.

"Rudal itu ditembakkan dari Yaman," kata militer dalam pernyataan.

"Suara ledakan yang terdengar dalam beberapa menit terakhir berasal dari pencegat. Hasil pencegatan sedang dievaluasi."

Pemberontak Houthi Yaman melancarkan serangan terhadap Israel dan kepentingannya sebagai bentuk solidaritas dengan Palestina. Serangan ini terjadi di tengah perang yang sedang berkecamuk antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza.

Pemberontak tersebut merupakan bagian dari apa yang disebut sebagai "poros perlawanan" Iran, yang mencakup kelompok militan yang didukung Teheran di Irak, Suriah, dan Lebanon.

Sejak November, Houthi terus melancarkan serangkaian serangan rudal dan pesawat nirawak terhadap pengiriman barang yang terkait dengan Israel di Teluk Aden dan Laut Merah.

Dan pada Juli, mereka melakukan serangan pesawat nirawak atau drone terhadap Tel Aviv yang menewaskan seorang warga sipil Israel.

Sebagai tanggapan, pesawat tempur Israel mengebom pelabuhan Hodeida di Yaman yang dikuasai Houthi. Seorang pejabat pemberontak bertekad untuk "menanggapi eskalasi dengan eskalasi." [ah/ft]

Forum

XS
SM
MD
LG