Tautan-tautan Akses

Pakistan Turut Berperan dalam Gencatan Senjata Idul Fitri di Afghanistan


Naseer Khan Januja, Penasihat Keamanan Nasional
Pakistan - NSA (kiri) bersama Omer Zakhilwal, Dubes Afghanistan untuk Pakistan, 15 Mei 2018. (Foto: dok).
Naseer Khan Januja, Penasihat Keamanan Nasional Pakistan - NSA (kiri) bersama Omer Zakhilwal, Dubes Afghanistan untuk Pakistan, 15 Mei 2018. (Foto: dok).

Pakistan memainkan peran penting dalam gencatan senjata Afghanistan Juni lalu dengan Taliban, yang dimaksudkan agar negara itu dapat merayakan Idul Fitri secara damai, kata duta besar Afghanistan untuk Islamabad hari Kamis.

“Gencatan senjata baru-baru ini ... saya harus akui bahwa Pakistan berperan dalam hal itu. Kami bersyukur untuk itu,” kata Hazrat Omar Zakhilwal, dalam konferensi satu hari yang diselenggarakan lembaga kajian berbasis di Islamabad, Jinnah Institute.

Ia juga berterima kasih sebelumnya kepada Pakistan atas apa yang ia sebut akan menjadi peran negara itu apabila gencatan senjata menjadi permanen.

Langkah ini menjadi penanda baik bagi hubungan antara Pakistan dan Afghanistan, yang terguncang selama hampir dua tahun.

“Kunjungan tingkat tinggi dari kedua negara secara signifikan mengurangi retorika negatif satu sama lain, secara signifikan mengurangi insiden atau hal mengganggu antara kedua negara, dan kami telah melihat kerjasama yang lebih kokoh dari Pakistan untuk perdamaian dan stabilitas,” kata Zakhilwal.

Sewaktu gencatan senjata diumumkan, sejumlah anggota Taliban ke beberapa kota, sebagian dari mereka memasang swafoto dengan penduduk setempat. Yang lainnya sholat Idul Fitri bersama para anggota pasukan keamanan – musuh mereka di medan tempur. Beberapa dari mereka mengatakan kepada media bahwa mereka telah lelah berperang. [uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG